Kecantikan & Kebugaran

Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan komedo

Kamis, 17 Juni 2021 | 08:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan komedo

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menghilangkan komedo yang bisa Anda praktikkan. Alih-alih menggunakan produk yang dijual di pasaran, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada bahan-bahan alami. Dengan pemakaian rutin, komedo yang muncul dapat teratasi dengan baik.

Meski demikian, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Anda perlu melihat apakah kulit Anda alergi terhadap bahan alami tertentu atau tidak. Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan alami.

Beberapa bahan alami ini bisa Anda jadikan pilihan. Namun, tak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter. Dari hasil konsultasi, Anda bisa mendapat bahan apa yang benar-benar cocok untuk tipe kulit Anda.

Lemon, Brown Sugar, Madu

Beberapa bahan alami yang efektif menghilangkan komedo adalah lemon, brown sugar, dan madu. Mengutip dari Reader’s Digest (readersdigest.ca), kombinasi bahan alami itu berperan sebagai eksfoliator yang membersihkan komedo dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori.

Caranya cukup mudah. Pertama, campur 1 sdm brown sugar, 1 sdm madu, dan 2 sdm air lemon. Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit wajah dengan gerakan memutar selama lima menit. Kemudian, bilas dengan air dan lanjutkan memakai pelembab yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Cari perawatan wajah? Pakai 4 masker wajah alami ini

Minyak Kelapa dan Gula

Cara menghilangkan komedo berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa dan gula. Selain digunakan untuk membasmi komedo di kulit wajah, kombinasi minyak kelapa dan gula juga efektif membersihkan sel kulit mati di bagian tubuh yang lain.

Putih Telur

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan komedo di kulit adalah putih telur. Pertama, aplikasikan putih telur yang sudah dikocok pada kulit wajah. Letakkan tissue di atas lapisan itu lalu oleskan putih telur lagi. Diamkan dulu selama 20 menit lalu tarik masker tersebut.

Baca Juga: Efektif, ini 3 cara menghilangkan komedo secara alami

Teh Hijau

Teh hijau bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo.

Jika Anda mencari cara menghilangkan komedo, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada teh hijau. Melansir Reader’s Digest, teh hijau mengandung banyak antioksidan serta mampu menurunkan produksi minyak di kulit.

Pertama, campur 1 sdt teh hijau dengan 1 sdt air. Aplikasikan campuran itu pada bagian kulit yang dipenuhi komedo. Diamkan dulu selama tiga menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa melakukan langkah tersebut sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Selanjutnya: Cara menghilangkan jerawat di punggung tanpa obat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru