Pakai bahan alami, ini 4 cara menghilangkan bekas luka

Senin, 21 Juni 2021 | 12:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, ini 4 cara menghilangkan bekas luka

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan memakai minyak kelapa.

KONTAN.CO.ID - Bekas luka bisa terjadi karena berbagai macam hal. Mulai dari bekas operasi, jerawat, hingga infeksi kulit. Untuk mengatasi hal itu, ada banyak cara menghilangkan bekas luka yang bisa Anda praktikkan.

Sebenarnya, ada beragam obat apotek atau pelayanan di klinik kecantikan yang bisa Anda coba untuk menyamarkan bekas luka. Namun, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Meski demikian, jangan lupa untuk tetap melakukan uji coba, ya. Segera hentikan pemakaian jika muncul reaksi alergi atau efek samping yang lain. Namun, jika tak ada reaksi alergi apa pun yang muncu, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Minyak kelapa

Melansir News Bytes, minyak kelapa mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel kulit. Tak hanya menyamarkan bekas luka, kandungan-kandungan itu juga efektif mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan.

Anda perlu menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Entah dengan cara menghangatkannya di atas kompor atau menggosoknya di antara kedua telapak tangan. Setelah itu, aplikasikan pada bekas luka lalu diamkan selama semalaman.

Baca Juga: 5 Penghilang bekas jerawat ini terbuat dari bahan alami, lo

Kentang

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan menggunakan kentang. Pertama-tama, parut dan remas kentang supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Celupkan kapas pada ekstrak kentang lalu aplikasikan pada bekas luka.

Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam kentang mampu membersihkan kulit dan mencerahkan warna kulit. Cobalah untuk menggunakan kentang secara rutin agar manfaat itu bisa segera Anda dapat.

Lidah buaya

MenurutĀ News Bytes, antiseptik, antiinflamasi, dan kandungan lain dalam lidah buaya mampu meningkatkan regenerasi kulit sehingga bekas luka dapat tersamarkan secara optimal.

Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada bekas luka secara langsung. Jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan dengan gerakan memutar lalu diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

Untuk hasil maksimal, cobalah melakukannya dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami

Minyak lavender dan minyak zaitun

Minyak zaitun dan minyak lavender dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Jika Anda mencari cara menghilangkan bekas luka, tak ada salahnya untuk mencoba minyak lavender. Tidak hanya menyamarkan bekas luka, antiinflamasi, antimikroba, dan antijamur yang terkandung dalam minyak lavender efektif mencegah infeksi kulit.

Pertama-tama, campur 3 sdm minyak zaitun dengan beberapa tetes minyak lavender. Setelah teraduk rata, gosokkan pada bekas luka selama lima menit. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Selanjutnya: Cara menghilangkan bekas luka bakar bisa mengganggu penampilan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru