kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai Bahan Alami, Coba 5 Obat Nyeri Sendi Ini, Yuk


Senin, 20 Desember 2021 / 09:00 WIB
Pakai Bahan Alami, Coba 5 Obat Nyeri Sendi Ini, Yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penumpukan asam urat dan faktor lain bisa membuat sendi Anda terasa sakit. Tentu saja obat nyeri sendi perlu segera Anda coba supaya rasa sakit tak bertambah parah. Dengan begitu, risiko kesehatan lain juga bisa Anda hindari.

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda pilih. Namun, obat-obat tersebut bisa menimbulkan efek samping. Misalnya, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, atau masalah kesehatan yang lain. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Vitamin, mineral, dan berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski demikian, bahan alami ini hanya mampu mengatasi rasa sakit ringan. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika nyeri sendi terasa semakin parah.

Teh Hijau

Teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri sendi, lo. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang berpengaruh pada sistem imun tubuh saat nyeri sendi terjadi. Selain itu, kandungan dalam teh hijau juga mampu mengurangi kerusakan pada tulang rawan Anda.

Baca Juga: 4 Obat Penurun Panas dari Bahan Alami yang Mudah Dicari

Teh Kamomil

Teh kamomil bisa jadi obat nyeri sendi.

Melansir Drneelaminmd.com, teh kamomil bisa Anda pakai sebagai obat nyeri sendi. Alasannya karena bahan alami itu mengandung antiinflamasi sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus empat kantung teh kamomil dalam segelas air selama 20 menit. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat sampai air teh kamomil dingin. Selanjutnya, celupkan kain pada air teh tersebut, peras, lalu aplikasikan pada bagian sendi yang terasa sakit.

Kunyit

Drneelaminmd.com juga merekomendasikan kunyit untuk mengurangi rasa sakit di bagian sendi-sendi Anda. Curcumin dalam kunyit mampu menghambat enzim dan protein yang menyebabkan inflamasi atau peradangan sendi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah. Campurkan ½ sdt bubuk kunyit ke dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kunyit dengan mencampurnya bersama air hangat.

Baca Juga: Cara mencegah asam urat kambuh, mulai dari menu sarapan berikut ini

Cengkih

Cengkih termasuk salah satu obat nyeri sendi yang tidak boleh Anda lewatkan. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan sendi. Antioksidan di dalamnya pun berguna untuk menghambat kerusakan tulang rawan sehingga kondisi Anda tetap terjaga.

Jahe

Jahe jadi bahan alami lain yang tak boleh Anda lewatkan untuk mengobati nyeri sendi. Caranya, kupas dan tumbuk jahe hingga halus. Tambahkan sedikit minyak zaitun sampai jahe berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada bagian sendi yang sakit. Tutup dengan perban lalu diamkan dulu selama 15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×