Pakai bahan alami, begini cara membasmi kutu rambut

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, begini cara membasmi kutu rambut

KONTAN.CO.ID - Ada banyak dampak buruk dari kutu rambut. Salah satunya adalah membuat kulit kepala Anda terasa gatal. Biar tidak bertambah parah, cara membasmi kutu rambut dengan bahan alami perlu Anda lakukan.

Melansir Lice Doctors, menyisir rambut dalam keadaan basah bisa jadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut yang efektif. Namun, langkah tersebut bukanlah satu-satunya cara yang layak Anda coba.

Masih banyak bahan alami lain yang dapat Anda manfaatkan. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan berikut secara teratur sampai kutu rambut benar-benar hilang. Dengan begitu, kulit kepala dan rambut Anda bisa terbebas dari kutu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami pertama yang layak Anda gunakan sebagai cara membasmi kutu rambut. Kandungan dalam jenis minyak itu mampu membuat kutu rambut dewasa mati.

Sedangkan untuk telur kutu, minyak zaitun akan mencegahnya untuk pecah sehingga infeksi kutu rambut dapat berkurang.

Baca Juga: 4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan ketombe, lo

Bawang putih

Bawang putih bisa dipakai sebagai cara membasmi kutu rambut.

Bawang putih jadi bahan lain yang tak kalah cocok digunakan sebagai penghilang kutu rambut.

Mengutip dari Lice Doctors, manfaat bawang putih itu berasal dari aromanya yang khas dan kuat. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan khasiat tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memakai bawang putih, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak.

Setelah itu, aplikasikan di seluruh permukaan rambut dan kulit kepala selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air.

Baca Juga: 7 Manfaat lain dari cuka apel, selain untuk kesehatan dan kecantikan

Tea tree oil

Apabila Anda mencari cara membasmi kutu rambut, maka tea tree oil tak boleh ketinggalan dari daftar. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memakai tea tree oil, ya.

Bagi sebagian orang, jenis minyak itu bisa menimbulkan iritasi dan alergi. Jadi, jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu.

Minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa sebagai cara membasmi kutu rambut.

Minyak kelapa pun dapat Anda manfaatkan sebagai penghilang kutu rambut. Serupa dengan minyak zaitun, kandungan yang terdapat dalam minyak kelapa bisa membuat utu rambut mati. Usahakan untuk memakai minyak kelapa secara teratur, ya.

Selanjutnya: Ingin menghilangkan ketombe? Gunakan 4 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru