kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pahami terlebih dahulu sebelum mengecat rambut


Jumat, 03 November 2017 / 22:30 WIB
Pahami terlebih dahulu sebelum mengecat rambut


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perubahan penampilan secara dramatis, misalnya mengubah warna rambut menjadi lebih terang, bisa membuat wajah lebih segar, bahkan penampilan jadi lebih gaya dan modern.

Walau begitu, jika warna cat rambut tidak tepat, efek yang diinginkan tak akan didapat. Nah, agar mimpi buruk itu tidak sampai terjadi, ketahui dulu 4 hal ini sebelum memutuskan mewarnai rambut.

1. Apakah rambut saya sehat?

Sebaiknya rambut dalam kondisi sehat, ini berarti tidak mengalami kerusakan akibat proses pemanasan atau pun terpapar zat kimia dalam pelurusan rambut.

Paparan zat kimia terlalu sering dalam periode yang pendek bisa membuat rambut lebih rusak dan lemah. Karenanya, jika Anda sering menggunakan alat pada rambut, misalnya catokan rambut atau baru meluruskan rambut dan rambut tampak kusam dan pecah, tunda dulu proses pewarnaan.

2. Berapa lama warna rambut ini bertahan?

Anda mungkin ingin mencoba warna rambut baru yang dramatis, tetapi pertimbangkan juga berapa lama warna itu diinginkan.

Warna rambut hitam dan merah paling susah dihilangkan, jadi dibutuhkan waktu sekitar sebulan untuk membuatnya pudar jika Anda tak suka warnanya. Bila Anda baru pertama kali mewarnai rambut, pilih warna semi-permanen untuk memastikan dulu warnanya sesuai dengan bentuk wajah Anda.

3. Cek alergi

Bila Anda belum pernah mewarnai rambut sebelumnya, sebaiknya pastikan kulit Anda tidak alergi terhadap zat kimia cat rambut. Alergi bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, bahkan membuat area di sekitar rambut bengkak. Sebelum diaplikasikan pada kulit kepala, cobalah dulu pada bagian kulit lain dalam jumlah sedikit.

4. Bagaimana perawatannya

Perawatan rambut menjadi sangat penting pada rambut yang sudah diwarnai. Proses pewarnaan akan membuat rambut lebih kering sehingga dibutuhkan conditioner dan juga perawatan berkala di salon.

Untuk mempertahankan warna cat rambut, gunakan shampo khusus. Selain itu, untuk warna rambut yang terang sebaiknya dilakukan pewarnaan ulang setiap beberapa bulan, tergantung pada laju pertumbuhan rambut. (Lusia Kus Anna)

Artikel ini telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Sebelum Mengecat Rambut, Tanyakan Dulu 4 Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×