kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Orangtua, Ini 3 Pilar Utama Tumbuh Kembang Anak Menurut Dokter RSND Undip


Selasa, 21 Juni 2022 / 14:37 WIB
Orangtua, Ini 3 Pilar Utama Tumbuh Kembang Anak Menurut Dokter RSND Undip
ILUSTRASI. Orangtua, Ini 3 Pilar Utama Tumbuh Kembang Anak Menurut Dokter RSND Undip. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Sebagai orangtua, Anda tentu ingin anak tumbuh dengan sehat dan optimal. Ini membuat banyak orangtua mencari berbagai cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati bahkan sejak masih dalam kandungan. 

Menurut dr. Dimas Tri Anantyo, Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro (RSND Undip), ada tiga pilar utama untuk mendukung tumbuh kembang anak. 

Pilar-pilar utama tersebut: nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang. Ketiga hal tersebut sangat penting untuk menjamin tumbuh kembang anak semakin lebih baik.

Nutrisi, dokter Dimas mengungkapkan, penting didapatkan anak sejak masa konsepsi, pembuahan sampai bertumbuh, hamil kemudian lahir. 

Baca Juga: 2 Hari Lagi, Ini Link dan Cara Lihat Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 2022

Nutrisi tersebut berlanjut diberikan di dua tahun pertama kehidupan merupakan periode emas atau golden period dimana nutrisi sangat berperan penting untuk menjamin pertumbuhan otak anak bisa seoptimal mungkin

"Apabila seorang anak tidak bertumbuh akan menyebabkan dampak yang nantinya akan berpengaruh ke kualitasnya di masa depan," tuturnya, seperti dikutip dari situs Undip.

3 Pilar utama untuk mendukung tumbuh kembang anak

Pilar yang kedua untuk mendukung tumbuh kembang buah hati adalah stimulasi yang kuat akan turut mendorong proses tumbuh kembang. 

Selanjutnya adalah pilar kasih sayang yang juga penting untuk menjamin kualitas tumbuh kembang buah hati. 

Baca Juga: Sebentar Lagi DIbuka, Ini Syarat Daftar Beasiswa Reguler LPDP Tahap 2 Tahun 2022

"Apabila anak bisa bertumbuh di lingkungan dengan kasih sayang cukup akan bisa membentuk kualitas dari bagaimana anak bersikap, menyelesaikan masalah, bagaimana mencari jalan keluar, sehingga membuat anak menjadi lebih bijaksana," jelas dr. Dimas.

Menurutnya, sebagai orang tua maupun penyedia layanan kesehatan tentu tidak akan berhenti dan senantiasa berkelanjutan secara berkesinambungan memberikan yang terbaik untuk menjamin dan melindungi tumbuh kembang anak. 

Keduanya akan memberikan dorongan semaksimal mungkin agar dapat memberikan masa depan yang lebih cerah bagi anak tersebut dan untuk kemajuan sebuah negara.

"Kita tidak boleh menyerah untuk menjamin anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi genetik-nya," kata dr. Dimas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×