kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Omicron Makin Menyebar, 3 Makanan Kaya Vitamin D Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh


Rabu, 05 Januari 2022 / 14:26 WIB
Omicron Makin Menyebar, 3 Makanan Kaya Vitamin D Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh
ILUSTRASI. Makanan sehat yang kaya vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh, saat varian Omicron makin menyebar. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.


Sumber: Healthline | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Ketika terkena sinar matahari, vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang tubuh Anda produksi. Tapi, ada makanan sehat yang kaya vitamin D untuk meningkatkan imunitas tubuh saat varian Omicron makin menyebar. 

Nilai harian yang direkomendasikan (DV) adalah 800 international units (IU) atau 20 mikrogram (mcg) vitamin D per hari dari makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Tapi, jika Anda tidak mendapat cukup sinar matahari, untuk meningkatkan imunitas tubuh, asupan vitamin D Anda dari makanan harus mendekati 1.000 IU atau 25 mcg per hari. 

Berikut tiga makanan sehat yang kaya vitamin D, mengutip dari Healthline

Baca Juga: Tanpa Obat dan Olahraga, Ini Cara Mudah Menurunkan Gula Darah

1. Kuning telur 

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa. 

Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. 

Satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D, atau 5% dari DV. Kadar vitamin D dalam kuning telur tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam.  

Saat diberi pakan yang sama, ayam yang dibesarkan di padang rumput yang berkeliaran di luar di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar 3-4 kali lebih tinggi. 

Selain itu, telur dari ayam yang diberi pakan yang diperkaya vitamin D mungkin memiliki hingga 6.000 IU vitamin D per kuning telur. Itu 7 kali lipat DV. 

Memilih telur, baik dari ayam yang dibesarkan di luar ataupun dipasarkan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, bisa menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. 

Baca Juga: Tidur Cukup Bisa Menurunkan Gula Darah, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Tidur




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×