kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Oleh-oleh Ibadah Haji, Ini Kandungan & Manfaat Minum Air Zamzam


Senin, 18 Juli 2022 / 08:48 WIB
Oleh-oleh Ibadah Haji, Ini Kandungan & Manfaat Minum Air Zamzam


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak kandungan dan manfaat minum air Zamzam. Jemaah haji mulai pulang dari Mekkah dengan oleh-oleh air Zamzam. Simak pula doa minum air Zamzam agar mendapat manfaatnya.

Saat ini jemaah haji Indonesia tahun 2022 mulai kembali dari Mekkah. Mengutip keterangan resmi, Kementerian Agama juga telah menyiapkan prosesi penyambutan sehingga jemaah haji bisa lebih fresh dan kembali ke rumah bisa bahagia.

Jemaah haji juga akan langsung mendapatkan 5 liter air Zamzam setiba di asrama haji. Terkait Zamzam, Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan Zamzam lebih dari 5 liter.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Usai rangkaian haji, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan kembali ke Arab Saudi untuk bertemu menteri Haji. Salah satunya untuk minta jarah lebih Zamzam untuk jemaah Indonesia.

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” ujarnya.

Baca Juga: Awas, Penyakit Menular Ini Harus Diwaspadai Jemaah Haji yang Pulang Dari Mekkah

Bagi jemaah Indonesia, jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Ini pula yang membuat banyak jemaah yang tetap nekat memasukkan Zamzam ke dalam koper.

“Mengapa jemaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jemaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas. Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jemaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” kata dia.

Manfaat air Zamzam

Mengutip Kompas.com, air Zamzam diyakini memiliki beragam keistimewaan, karena kandungannya berbeda dari air mineral pada umumnya. Air Zamzam bersumber dari sebuah sumur yang terletak di sebelah timur Kabah di Makkah, Arab Saudi.

National Center for Biotechnology Information (NCBI) mencatat sumur dengan kedalaman sekitar 30,5 meter serta air di dalamnya itu steril dan bebas patogen, sehingga tidak memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh. Air Zamzam tinggi akan kandungan kalsium, magnesium, mineral, dan selenium.

Selain itu, air Zamzam juga mengandung arsenik dan nitrat serum, juga diketahui terdapat jejak ion logam, seperti vanadium, mangan, besi, kobalt, tembaga, seng dan molibdenum. Lebih lanjut, air Zamzam yang merupakan air dari sumber alami, tidak mengalami proses pengolahan secara kimia dalam bentuk apapun, sehingga bebas dari kontaminan.

Air Zamzam pun tidak memiliki bau dan rasa apapun, bahkan ketika air telah didiamkan dalam waktu yang lama, tidak ada perubahan rasa juga bau.

Air Zamzam tidak hanya sebagai sumber air minum saja, tetapi juga bisa menjadi obat alami, sebagaimana dijelaskan dalam hadis nabi. Dari kandungan yang dimiliki, air Zamzam terbukti memiliki banyak kelebihan.

Misalnya, memiliki sifat terapeutik dan farmakologis, sebagai antioksidan, antitumor, ansiolitik, dan agen antidepresan. Pada orang yang terbiasa mengonsumsi air Zamzam, saat dilakukan tes fungsi ginjal, semuanya memiliki hasil yang normal.

Lalu, air Zamzam adalah alkalin yang mengandung banyak mineral. Keberadaan kandungan ini disebutkan dalam salah satu publikasi di situs Research Gate, sebagai agen antikanker yang efektif.

Air Zamzam juga bisa digunakan sebagai pengobatan untuk diabetes dan hipertensi. Lebih lanjut, NCBI melakukan penelitian efek air Zamzam dengan menggunakan 18 ekor tikus putih albino sebagai sampelnya.

Data mengungkapkan, air Zamzam memberikan efek perlindungan terhadap jaringan tubuh. Pada tikus yang diberi konsumsi air Zamzam selama 3 bulan berturut-turut, secara signifikan menurunkan asam urat, kolesterol, dan trigliserida.

Dalam ajaran Islam, sejarah sumur Zamzam diceritakan berasal dari kisah Nabi Ismail yang masih bayi, menangis saat ditinggal oleh ibunya, Siti Hajar mencari air untuk minum.

Kaki kecilnya menjejak permukaan tanah tandus, yang kemudian Allah jadikan sebagai sumber mata air yang selalu mengeluarkan air dan tak pernah habis meski terus digunakan hingga saat ini. Secara ukuran, sumur Zamzam juga tidak terlalu besar, diameternya hanya sekitar 1,08-2,66 m saja.

Doa minum air Zamzam

Untuk mendapatkan khasiatnya, disarankan membaca doa sebelum minum air Zamzam. Berikut bacaan doa minum air Zamzam dalam tulisan latin:

"Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin"

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmatMu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Itulah kandungan dan manfaat minum air Zamzam serta doa sebelum minum air Zamzam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×