kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.335
  • EMAS679.000 -0,29%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Olahraga dengan perut kosong apakah efektif turunkan berat badan?

Minggu, 09 Juni 2019 / 11:00 WIB

Olahraga dengan perut kosong apakah efektif turunkan berat badan?
ILUSTRASI. Olahraga kebugaran

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang berpikir olahraga dengan perut kosong akan membuat kalori terbakar labih banyak sehingga lebih efektif untuk menurunkan berat badan. 

Di sisi lain, makan sebelum olahraga dianggap membantu memberi energi agar kita mampu berolahraga secara maksimal. 


Jadi, manakah yang lebih efektif? Apakah berolahraga dengan perut kosong benar-benar mempercepat penurunan berat badan? 

Pakar kebugaran Kayla Itsines mengatakan, memilih makan atau tidak sebelum berolahraga tergantung pada apa yang sesuai dengan tubuh kita. 

Menurut Kayla, glikogen atau karbohidrat yang disimpan tubuh sering terkuras di pagi hari. 

Inilah yang membuat banyak orang percaya olahraga dengan perut kosong, terutama di pagi hari, sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena yang terbakar adalah lemak. 

"Jadi setelah malam tanpa makan, tubuh berpotensi membakar lebih banyak lemak karena simpanan karbohidrat atau sumber energi pilihan tubuh tidak mudah didapat," ucapnya. 

Sayangnya, rutinitas semacam ini tidak baik untuk kesehatan tubuh kita karena tubuh berisiko kehilangan banyak glikogen. 

Bahkan dalam kasus ekstrem, olahraga tanpa mengonsumsi apapun bisa menyebabkan kita kehilangan massa otot, karena bila lemak habis terbakar, maka sumber energi yang dipakai adalah otot. 

Sama seperti berolahraga setelah makan berat yang membuat kita merasa tak nyaman, berolahraga dengan perut kosong juga tak selalu menimbulkan hal positif. 

Olahraga dengan perut kosong bisa saja menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sebelum berolahraga. 

Dengan cara ini, tubuh tidak terlalu disibukkan untuk mencerna makanan dalam jumlah besar dan mampu memberikan oksigen ke seluruh otot dan membakar lemak lebih efektif. 

"Jadi, kita tak perlu berolahraga dengan perut kosong atau makan dalam jumlah besar sebelum berolahraga karena semua itu tidak ada yang memberi manfaat terbaik atau efek yang lebih buruk," ungkap Kayla. 

Menurut Kayla, tidak ada perbedaan yang signifikan antara berolahraga dengan perut kosong dan berolahraga setelah makan makanan ringan. 

Jika berolahraga dengan perut kosong membuat tak bertenaga dan menimbulkan rasa sakit, sebaiknya kita mendengarkan tubuh dan makan sesuatu yang membuat kita merasa berenergi dan mampu berolahraga maksimal. 

Kita bisa mengonsumsi buah atau kacang-kacangan sebagai makanan sebelum berolahraga. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Apakah Olahraga dengan Perut Kosong Efektif Turunkan Berat Badan?"


Reporter: Herlina KD
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0587 || diagnostic_web = 0.2679

Close [X]
×