Obat nyeri sendi bisa berasal dari 4 bahan alami ini

Jumat, 26 Maret 2021 | 12:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Obat nyeri sendi bisa berasal dari 4 bahan alami ini

ILUSTRASI. Jika Anda mencari obat nyeri sendi, teh hijau bisa Anda jadikan salah satu pilihan. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration

KONTAN.CO.ID - Sendi atau penghubung antartulang dapat mengalami gangguan sehingga timbul rasa sakit. Supaya kondisi kesehatan tak semakin parah, Anda membutuhkan obat nyeri sendi.

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda pakai, baik berbahan dasar kimia atau berasal dari bahan alami.

Namun, obat-obat tersebut bisa menimbulkan efek samping. Misalnya, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, atau masalah kesehatan yang lain.

Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda. Vitamin, mineral, dan berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meski demikian, bahan alami ini hanya mampu mengatasi rasa sakit ringan. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika nyeri sendi terasa semakin parah.

Baca Juga: Manfaat jahe merah untuk kesehatan: mengobati jerawat sampai meredakan nyeri lutut

Teh kamomil

Melansir Drneelaminmd.com, teh kamomil bisa Anda pakai sebagai obat nyeri sendi. Sebab, bahan alami itu mengandung antiinflamasi sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, rebus empat kantung teh kamomil dalam segelas air selama 20 menit.

Setelah mendidih, diamkan beberapa saat sampai air teh kamomil dingin. Selanjutnya, celupkan kain pada air teh tersebut, peras, lalu aplikasikan pada bagian sendi yang terasa sakit.

Teh hijau

Selain teh kamomil, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri sendi, lo. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang berpengaruh pada sistem imun tubuh saat nyeri sendi terjadi.

Selain itu, kandungan dalam teh hijau juga mampu mengurangi kerusakan pada tulang rawan Anda.

Baca Juga: 6 Jenis obat radang sendi, kenali perbedaaan dan kegunaannya

Cengkih

Cengkih termasuk salah satu obat nyeri sendi yang tidak boleh Anda lewatkan. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan sendi.

Antioksidan di dalamnya pun berguna untuk menghambat kerusakan tulang rawan sehingga kondisi Anda tetap terjaga.

Kunyit

Kunyit dapat Anda gunakan sebagai obat nyeri sendi.

Drneelaminmd.com juga merekomendasikan kunyit untuk mengurangi rasa sakit di bagian sendi-sendi Anda. Curcumin dalam kunyit mampu menghambat enzim dan protein yang menyebabkan inflamasi atau peradangan sendi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah. Campurkan ½ sdt bubuk kunyit ke dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kunyit dengan mencampurnya bersama air hangat.

Selanjutnya: Asam urat naik? Infused water sereh efektif meredakan asam urat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru