kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat ini bisa digunakan untuk mencegah Covid-19, lo


Jumat, 26 Maret 2021 / 17:11 WIB
Obat ini bisa digunakan untuk mencegah Covid-19, lo
ILUSTRASI. Salah satu jenis obat yang dijual di apotek, yaitu aspirin, bisa digunakan sebagai pencegahan Covid-19. REUTERS/Srdjan Zivulovic/File Photo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ternyata ada cari lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah Covid-19, lo. Cara yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi aspirin, salah satu obat yang dijual di apotek.

Penelitian yang berasal dari Bar-Ilan University menunjukkan bahwa mengonsumsi aspirin dalam dosis kecil setiap hari mampu menghindarkan Anda dari infeksi Virus Corona. Melansir Best life (bestlifeonline.com), hasil penelitian itu melibatkan 10.477 pasien positif Covid-19.

Pasien-pasien tersebut diberi 75 mg aspirin setiap hari. Hasilnya, risiko terinfeksi Covid-19 turun hingga 29%. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan efek aspirin tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, konsumsi aspirin juga mampu mempercepat proses penyembuhan. Pasien positif Covid-19 yang mengonsumsi aspirin dalam dosis rendah dua hingga tiga hari lebih cepat sembuh daripada pasien yang tidak minum aspirin.

Baca Juga: Obat Covid-19 Avifavir hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19

Hasil studi serupa juga diperoleh dari penelitian George Washington University. Studi tersebut melibatkan 400 pasien terinfeksi Virus Corona. Mengutip dari Best Life, hasil penelitian menunjukkan bahwa 43% tidak terlalu membutuhkan perawatan ICU dan 44% pasien tidak membutuhkan ventilator.

Persentase pasien meninggal akibat Covid-19 juga turun hingga 47%. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak asal mengonsumsi aspirin. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Inilah yang tidak boleh dilakukan sebelum suntik vaksin Covid-19

Selain itu, pastikan untuk melakukan pencegahan Covid-19 yang lain, ya. Mulai dari menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker dengan cara yang benar, dan mencuci tangan dengan sabun dan air. Anda pun bisa memanfaatkan hand sanitizer.

Tidak hanya itu, cobalah untuk menjaga sistem imun tubuh Anda agar tetap kuat. Konsumsi makanan bergizi setiap hari dan lakukan olahraga secara rutin. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin tambahan supaya daya tahan tubuh Anda terjaga.

Selanjutnya: Pfizer memulai uji coba vaksin Covid-19 pada anak-anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×