Obat Batuk Tradisional yang Terbukti Ampuh untuk Batuk Kering dan Berdahak

Selasa, 08 Februari 2022 | 16:57 WIB Sumber: Kompas.com
Obat Batuk Tradisional yang Terbukti Ampuh untuk Batuk Kering dan Berdahak

ILUSTRASI. Teh jahe dengan madu, salah satu obat tradisional yang ampuh menyembuhkan batuk


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada berbagai bahan tradisional yang bisa menjadi obat batuk nan ampuh. Obat batuk tradisional ini bisa menjadi alternatif dan pertolongan pertama saat batuk menyerang.

Namun sebelum menggunakan obat batuk tradisional yang ampuh tersebut, lebih baik konsultasi dengan dokter. Pasalnya, bahan tradisional tertentu juga menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Batuk seringkali kita alami baik kering atau berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan. Biasanya, jenis batuk tidak berdahak ini dapat bertahan lama sampai hitungan minggu.

Sedangkan, batuk berdahak adalah masalah kesehatan yang biasanya disebabkan infeksi atau flu. Jenis batuk ini juga dapat bertahan cukup lama sampai hitungan minggu.

Dalam kondisi diserang batuk yang mengganggu aktivitas sehari-hari, seringkali banyak orang akan berburu obat batuk yang dijual bebas di toko-toko. Namun, sebenarnya kedua jenis batuk itu bisa saja kita atasi dengan obat ala rumahan dari bahan tradisional.

Baca Juga: Kasus Covid-19 6 Februari 2022 Melonjak 36.057, Ini Gejala Omicron Dalam 5 Level

Obat tradisional untuk batuk kering

Melansir Healthline, berikut beberapa bahan tradisional untuk obat batuk kering alami yang mudah dijajal di rumah.

Menthol

Obat tradisional untuk batuk kering adalah daun mint. Obat berbasis menthol dapat mendinginkan tenggorokan yang meradang, menenangkan tenggorokan yang teriritasi, dan melemaskan refleks batuk.

Madu

Obat tradisional lainnya untuk batuk kering adalah madu. Orang dewasa dan anak di atas satu tahun dapat minum madu sebagai obat batuk kering alami. Kandungan zat antibakteri dan antiperadangan dalam bahan alami ini bisa menenangkan tenggorokan yang sedang iritasi.

Kunyit

Obat tradisional lainnya untuk batuk kering adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang potensial sebagai bahan anti-peradangan, antivirus, dan antibakteri alami. Tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk dan sejumput lada hitam ke dalam secangkir minuman hangat.

Jahe

Obat tradisional lainnya untuk batuk kering adalah jahe. Selain kunyit, jahe juga mengandung zat antibakteri dan antiperadangan alami. Cukup seduh beberapa ruas jahe ke dalam air hangat. Tambahkan madu agar wedang jahe lebih nikmat dan ampuh untuk obat batuk kering.

Minyak kayu putih

Obat tradisional lainnya untuk batuk kering adalah minyak kayu putih. Aromaterapi dengan minyak kayu putih juga bisa membantu menenangkan batuk kering. Tambahkan kayu putih ke dalam difuser atau oleskan minyak kayu putih agar pernapasan lebih lega, terutama di malam hari.

Obat tradisional batuk berdahak

Melansir Women’s Health, berikut beberapa obat batuk berdahak alami dari bahan tradisional yang mudah dijajal di rumah.

Perasan jeruk segar

Obat tradisional untuk batuk berdahak adalah jeruk segar. Penderita batuk berdahak perlu banyak mengonsumsi cairan, terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Perlu diketahui, paru-paru perlu asupan cairan yang cukup untuk mencegah terbentuknya lendir. Minum perasan jeruk segar tak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga bisa menambah asupan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanan pedas

Obat tradisional lain untuk batuk berdahak adalah makanan pedas. Saat batuk berdahak dan produksi lendir di tenggorokan meningkat, penderita dianjurkan makan makanan pedas. Kandungan zat capsaicin dalam cabai atau bumbu makanan pedas dapat membantu mengatasi batuk berdahak dan hidung tersumbat karena alergi.

Sup ayam

Obat tradisional lain untuk batuk berdahak adalah sup ayam. Sup ayam adalah obat pereda flu alami yang dapat membantu mengatasi batuk dan pilek. Kombinasi antara kuah hangat, uap, rempah-rempah, garam dapat membantu mengobati batuk secara alami sekaligus melawan infeksi flu.

Mandi air hangat

Obat tradisional lain untuk batuk berdahak adalah mandi air hangat. Mandi air hangat juga dapat membantu melembapkan sekaligus memecah lendir di saluran udara bagian atas penyebab batuk berdahak. Saat batuk berdahak kambuh, coba mandi air hangat dengan pancuran sampai uapnya memenuhi kamar mandi. Hirup uap hangat tersebut setidaknya lima menit.

Itulah berbagai bahan tradisional yang ampuh untuk obat batuk berdahak dan kering. Ingat, sebelum menggunakan bahan tradisional sebagai obat batuk, konsultasi dahulu dengan dokter Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Obat Batuk Kering dan Berdahak Alami ala Rumahan",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru