Obat Batuk Pilek Alami Ala Jepang, Bisa untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Jumat, 04 Maret 2022 | 08:12 WIB Sumber: Kompas.com
Obat Batuk Pilek Alami Ala Jepang, Bisa untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

ILUSTRASI. ilustrasi Teh jahe dengan madu. Obat Batuk Pilek Alami Ala Jepang, Bisa untuk Orang Dewasa dan Anak-anak


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penularan kasus Covid-19 akibat Omicron terus bertambah setiap hari hingga 3 Maret 2022. Sebagian pasien Covid-19 mengalami gejala batuk dan pilek. Berikut sejumlah obat batuk pilek alami ala Jepang yang bisa dicoba di rumah.

Obat batuk pilek alami ala Jepang ini bisa untuk menyembuhkan sakit pada orang dewasa dan anak-anak.

Batuk dan pilek termasuk gejala Covid-19 Omicron yang banyak dikeluhkan. Disisi lain, musim pancaroba dan perubahan cuaca memicu maraknya batuk dan pilek.

Sering kali kita langsung beralih ke obat-obatan konvensional yang diresepkan dokter untuk memulihkan diri dari batuk dan pilek. Namun, ada baiknya sesekali kita beralih ke pengobatan rumahan yang alami untuk menyembuhkan batuk dan pilek.

Ada banyak pilihan cara alami untuk mengobati batuk pilek. Salah satunya obat batuk dan pilek alami ala Jepang.

Di negara yang dingin, masyarakat Jepang sudah terbiasa dengan gejala flu dan batuk. Mereka memiliki beberapa pengobatan pokok bermanfaat yang menjadi andalan untuk melawan batuk pilek.

Melansir All About Japan, berikut 5 obat alami andalan khas negara sakura untuk menyembuhkan batuk dan pilek yang dapat Anda buat langsung dengan bahan-bahan yang ada di rumah:

1. Shoga-yu (Madu dan Jahe)

Obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang pertama adalah Shaga-yu atau madu dan jahe. Paduan madu dan jahe berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan.

Mengutip Medical News Today, jahe mengandung zat antiinflamasi dan antitusif serta gingerol yang mampu memperlancar saluran pernapasan. Cara membuatnya hanya tinggal melarutkan madu ke dalam segelas teh hangat dan parutkan jahe diatasnya.

Baca Juga: Ada 330 Kasus Omicron Siluman 3 Maret 2022, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

2. Madu dan Daikon (Lobak Putih)

Obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang kedua adalah madu dengan daikon atau lobak putih. Lobak putih kaya akan vitamin C dan mengandung enzim yang dapat melarutkan mukus atau lendir yang ada dalam tenggorokan.

Lobak putih dapat dipotong kecil-kecil dan dimasukan ke dalam larutan madu dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu larutan siap diminum. Lobak putih juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara mulai dari mentahan, di rebus, hingga di panggang.

3. Teh Yuzu

Obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang ketiga adalah teh Yuzu. Yuzu adalah sejenis lemon yang biasanya ditemukan di negara-negara Asia Timur.

Sama seperti lemon, Yuzu kaya akan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Melansir Healthline, Yuzu juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah sel kanker. Orang Jepang senang sekali mengonsumsi Yuzu yang didiamkan ke dalam air hangat dan diminum seperti teh.

4. Jamur Shiitake

Obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang keempat adalah jamur Shiitake. Tidak hanya minuman, obat alami juga dapat berbentuk makanan, yaitu jamur Shiitake.

Jamur Shiitake terkenal memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak cara mengolah jamur shiitake untuk dikonsumsi. Jamur shiitake cocok untuk dimasukan ke dalam sup bersama sayuran lainnya, atau diolah menjadi semur.

5. Bawang Bombay

Obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang kelima adalah bawang bombay. Tidak hanya dikonsumsi sebagaimana adanya, orang Jepang mengonsumsi bawang bombay dengan memarutkannya ke dalam air hangat dengan sedikit madu dan jahe.

Bawang bombay memiliki zat antiinflamasi, vitamin C, dan flavonoids yang berperan sebagai antioksidan. Aroma bawang bombay yang menyengat juga dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Itulah sejumlah obat batuk dan pilek ala Jepang dari bahan alami yang bisa Anda coba di rumah. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Obat Batuk dan Pilek Alami ala Jepang yang Bisa Dijajal di Rumah",


Penulis : Giovani Cornelia
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru