Obat Asam Lambung Alami & Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Rabu, 31 Agustus 2022 | 06:54 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Obat Asam Lambung Alami & Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

ILUSTRASI. Obat Asam Lambung Alami & Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sejumlah buah-buahan bisa menjadi obat asam lambung alami. Selain konsumsi buah-buahan tersebut, penderita asam lambung juga wajib menghindari konsumsi bahan makanan tertentu agar penyakit tersebut tidak kambuh lagi.

Ada banyak cara mengatasi asam lambung yang sering kambuh pada malam hari. Salah satu cara mudah mengatasi penyakit asam lambung yang sering naik dada dan tenggorokan adalah dengan konsumsi buah-buahan.

Buah-buahan yang bisa menjadi obat alami asam lambung ini pun mudah didapat. Selain itu, rasa buah-buahan untuk obat alami asam lambung ini juga manis dan lezat.

Beberapa buah-buahan yang bisa menjadi obat asam lambung itu memiliki kandungan tertentu yang dapat menetralkan hingga mencegah produksi asam lambung berlebih. Aneka buah obat alami asam lambung tersebut dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai obat asam lambung yang lebih aman dan juga menyehatkan.

Mengutip Kompas.com. berikut daftar buah-buahan yang bisa menjadi obat alami asam lambung:

1. Pisang

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang pertama adalah pisang. Pisang merupakan buah yang kaya akan potasium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien.

Beberapa kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung. Kita dapat memilih buah pisang yang matang dengan rasa manis untuk jadi asupan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Konsumsi Jahe agar Efektif Mengobati Asam Lambung Tinggi

2. Pepaya

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang kedua adalah pepaya. Buah dengan warna oranye ini juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Pepaya dikenal dan sudah teruji dalam beberapa penelitian mampu mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, menjaga kesehatan tulang, asma dan asam lambung. Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, kalsium dan kaya akan vitamin A yang juga bagus untuk kesehatan mata.

Di samping itu, pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang mampu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan serta mengurangi gejala asam lambung seperti heartburn.

3. Semangka

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang ketiga adalah semangka. Semangka adalah buah rendah kalori yang membantu tubuh menghidrasi. Porsi 154 gram bola-bola semangka hanya memiliki sekitar 46 kalori.

Buah berwarna merah dan rasanya manis ini kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino. Semangka juga tinggi kandungan airnya yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, beberapa kandungan nutrisinya juga dikatakan ampuh menetralkan asam lambung.

4. Buah tin

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang keempat adalah buah tin. Buah tin memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Buah tin cukup populer di negara Timur Tengah. Buah dengan warna merah ini mengandung pemanis alami yang menyehatkan, mineral, kalium, kalsium dan zat besi. Buah tin juga tinggi akan serat yag bisa melancarkan buang air besar dan beberapa gangguan pencernaan lain seperti produksi asam lambung yang berlebih.

5. Apel

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang kelima adalah apel. Apel tinggi akan vitamin A, C, D, B-16 dan B-12. Apel juga tinggi kalsium, zat besi dan magnesium yang menyehatkan sistem pencernaan.

Rutin mengonsumsi apel setiap hari juga dapat menenangkan perut, menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam berlebih.

6. Buah peach atau persik

Obat alami asam lambung dari buah-buahan yang keenam adalah persik. Buah dengan ukuran kecil dan berbulu ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C.

Kandungan ini dikenal dapat membantu mengatasi diabetes, masalah kulit, mencegah kanker kolorektal dan masalah pencernaan lainnya. Meski rasanya manis sedikit asam, namun buah persik baik dikonsumsi penderita asam lambung karena kadar asamnya rendah dan bisa mendorong pengurangan produksi asam lambung.

Makanan penyebab asam lambung

Agar penyakit asam lambung tidak kambuh pada malam hari atau kapanpun, penderita wajib menghindari konsumsi bahan makanan tertentu. Mengutip Momsmoney.id, berikut daftar makanan penyebab asam lambung naik ke dada:"

1. Makanan pedas

Makanan penyebab asam lambung pertama adalah makanan pedas. Makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang lambat dicerna oleh tubuh. 

Senyawa tersebut memicu naiknya asam lambung dengan cepat, bahkan mampu mengiritasi tenggorokan secara langsung. 

2. Bawang bombay

Makanan penyebab asam lambung kedua adalah bawang bombay. Bawang bombay menjadi bahan makanan yang mengandung asam. 

Terutama saat masih mentah. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan dalam porsi tepat dan saat asam lambung tidak sedang kambuh.

3. Tomat

Makanan penyebab penderita asam lambung ketiga adalah tomat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus. 

Bagi pengidap asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus. 

4. Merica

Makanan penyebab penderita asam lambung keempat adalah merica. Merica memiliki rasa yang cenderung pedas. 

Oleh karena hal tersebut, membuat merica harus dihindari oleh pengidap asam lambung. Rempah yang satu ini dapat memicu naiknya kadar asam lambung, sehingga gejala pun muncul. 

5. Bawang putih

Makanan penyebab asam lambung kelima adalah bawang putih. Bawang putih menjadi bumbu dapur yang utama. Bahan alami ini juga baik bagi kesehatan jantung. 

 

Itulah daftar obat alami asam lambung dari buah-buahan dan makanan penyebab asam lambung yang harus dihindari. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru