Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Murah dan Efektif

Minggu, 06 Maret 2022 | 07:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Murah dan Efektif


KONTAN.CO.ID - Di tengah pandemi Covid-19, sakit tenggorokan menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan obat alami yang tentu terbuat dari bahan-bahan alami. 

Umumnya, saat tenggorokan terasa sakit, gejala yang ditimbulkan adalah sakit untuk menelan hingga suara serak.

Penyebabnya, infeksi akibat atau peradangan di area tenggorokan oleh virus atau bakteri. Tidak usah khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan berbagai cara. 

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan obat.

Meski demikian, disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter agar menghindar efek samping dan memaksimalkan pengobatan sakit tenggorokan tersebut. 

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak Membandel, Efektif Bikin Tenggorokan Lega

Melansir dari Penn Medicine, ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan:

1. Lemon 

Pertama, Anda bisa memanfaatkan lemon untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan dalam lemon dipercaya dapat mengencer lendir di tenggorokan. 

Selain itu, lemon juga banyak mengadung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun sehingga infeksi sakit tenggorokan bisa cepat sembuh. Anda hanya tinggal mengonsumsi campuran perasan lemon dengan air hangat.

2. Air garam 

Selain perasan lemon, campuran garam dan air hangat juga mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebab, air garam mampu melawan bakteri dan melancarkan tenggorokan. 

3. Teh hijau

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Salah satu teh herbal ini cukup efektif meredakan sakit tenggorokan. 

Pasalnya, teh hijau mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang bisa mencegah dan mengobati infeksi atau peradangan di tenggorokan. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood, Tidak Hanya Cokelat Loh

4. Madu 

Bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan, salah satunya madu. Madu memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan antibakteri dalam madu mampu mengobati sakit tenggorokan juga, lo. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh herbal. 

5. Air putih

Jangan salah, air putih juga bisa membantu mengobati rasa sakit tenggorokan. Soalnya, jika Anda mengalami dehidrasi produksi lendir akan meningkatkan sehingga menyebabkan tenggorokan semakin sakit atau tidak nyaman. 

Oleh karena itu, dengan memperbanyak minum air putih, bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Serta, disarankan untuk meminum air putih hangat agar tenggorokan menjadi lebih nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru