Obat Alami Diabetes, Simak Buah Boleh Dimakan & Dilarang Penderita Gula Darah

Kamis, 29 September 2022 | 07:41 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Obat Alami Diabetes, Simak Buah Boleh Dimakan & Dilarang Penderita Gula Darah

ILUSTRASI. Obat Alami Diabetes, Simak Buah Boleh Dimakan & Dilarang Penderita Gula Darah. Kontan/Alri kemas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes perlu mengetahui cara menurunkan gula darah secara alami dan tanpa obat. Selain itu, kenali juga daftar buah-buahan yang boleh dimakan dan dilarang untuk penderita diabetes.

Cara menurunkan gula darah secara alami dan tanpa obat penting diketahui penderita diabetes. Cara ini bisa menjadi alternatif menjaga kadar gula penderita diabetes stabil.

Selain itu, cara menurunkan gula darah secara alami ini membantu penderita diabetes tidak kebanyakan makan obat-obatan. Pasalnya, konsumsi obat dalam jangka panjang sering menyebabkan penderita diabetes sakit ginjal.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes bisa dilakukan dengan konsumsi sejumlah bahan makanan.

Mengutip dari Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), hal penting yang perlu dilakukan penderita diabetes adalah membatasi konsumsi karbohidrat. Alasannya karena karbohidrat nantinya berubah menjadi glukosa yang mana bisa memperparah diabetes.

Di bawah ini, ada beberapa contoh jenis makanan yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menurunkan gula darah secara alami bagi penderita diabetes. Namun, jangan lupa untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan lain, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Risiko Konsumsi Gula Berlebih Sebabkan Diabetes, Ini Cara Alami Menurunkan Gula Darah

Salmon

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang pertama adalah makan salmon. Mengonsumsi salmon bisa jadi salah satu cara mengatasi diabetes.

Bukan tanpa alasan, ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega-3. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan, ya. Jenis ikan itu berisiko memiliki kandungan merkuri yang buruk untuk kesehatan.

Brokoli

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang kedua adalah makan brokoli. Brokoli mengandung kalium, vitamin C, serat, dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Alpukat

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang ketiga adalah makan alpukat, Meski demikian, porsi alpukat yang Anda konsumsi tetap perlu diperhatikan. Kandungan lemak sehat yang ada di alpukat tetap membuat jenis buah itu berkalori sehingga sebaiknya jangan mengonsumsi buah itu secara berlebihan.

Sayuran Hijau

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang keempat adalah makan sayuran hijau. Good Housekeeping menyarankan penderita diabetes untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Alasannya karena sayuran hijau mengandung banyak serat dan sedikit kalori. Tidak berhenti sampai di situ, sayuran hijau juga tidak memiliki zat tepung sehingga aman untuk Anda konsumsi.

Telur

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang kelima adalah makan telur. Telur juga bisa jadi obat diabetes karena mengandung banyak protein.

Namun, jangan makan telur setiap hari, ya. Menurut sebuah penelitian, makan telur setiap hari justru meningkatkan risiko diabetes yang bisa Anda alami.

Tahu

Cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes yang keenam adalah makan tahu. Ternyata, makan produk olahan kacang kedelai itu bisa jadi cara mengatasi diabetes, lho. Tahu mengandung banyak protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Cobalah untuk mengkombinasikan tahu dengan makanan sehat lainnya.

Buah yang boleh dimakan penderita diabetes

Melansir Kompas.com, American Diabetes Association (ADA) menyatakan banyak buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk penderita diabetes. Penelitian Harvard TH Chan School of Public Health juga mengatakan bahwa kandungan serat dan nutrisi di dalam buah-buahan membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Namun, pastikan penderita diabetes mengonsumsi buah tersebut secara utuh tanpa ditambahkan gula atau sirup. Berikut daftar buah yang boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes sebuai dengan rekomendasi ADA:

  • Apel
  • Aprikot
  • Alpukat
  • Blackberry
  • Bluberi
  • Blewah
  • Ceri
  • Jeruk bali
  • Anggur
  • Melon madu
  • Persik
  • Buah pir
  • Plum
  • Raspberi
  • Stroberi
  • Jeruk keprok.

Buah yang dilarang dimakan penderita diabetes

Sebaliknya, ada beberapa jenis buah yang dilarang dimakan untuk penderita diabetes. Buah-buahan yang dilarang untuk penderita diabetes adalah jenis buah yang memiliki indeks glikemik sedang hingga tinggi.

Buah dengan indeks glikemik sedang hingga tinggi daapat meningkatkan kadar glukosa darah lebih cepat daripada buah lainnya. Oleh sebab itu, penderita diabetes dilarang makan buah-buahan ini.

Berikut daftar buah yang dilarang dimakan penderita diabetes:

  • Pisang yang terlalu matang
  • Semangka
  • Kurma kering
  • Nanas

Itulah cara menurunkan gula darah secara alami untuk penderita diabetes beserta daftar buah yang boleh dimakan dan dilarang untuk penderita diabetes. Segera hubungi dokter jika penderita diabetes mengalami kenaikan gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru