Nyeri Hebat di Jempol Kaki Bisa Jadi Pertanda Gejala Asam Urat

Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Nyeri Hebat di Jempol Kaki Bisa Jadi Pertanda Gejala Asam Urat


KONTAN.CO.ID - Asam urat adalah bentuk umum dan kompleks dari radang sendi yang dapat menyerang siapa saja. Ini ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena terasa panas, bengkak, dan begitu lembut sehingga bahkan berat seprai di atasnya mungkin tampak tak tertahankan.

Melansir Mayo Clinic, berikut adalah sejumlah gejala asam urat yang harus diketahui:

1. Nyeri sendi yang intens

Asam urat biasanya mempengaruhi jempol kaki, tetapi dapat terjadi pada sendi manapun. Sendi lain yang sering terkena termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakit kemungkinan akan paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah dimulai.

2. Ketidaknyamanan yang berkepanjangan. 

Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak persendian.

3. Peradangan dan kemerahan. 

Sendi atau persendian yang terkena menjadi bengkak, nyeri saat ditekan, hangat dan merah.

4. Rentang gerak terbatas. 

Saat asam urat berlanjut, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Gejala asam urat di jempol kaki

Mengutip Medical News Today, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), asam urat sering dimulai di jempol kaki.

Asam urat terjadi karena penumpukan kristal asam urat yang berlebihan di sendi dan jaringan lunak, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat.

1. Nyeri sendi yang hebat pada jempol kaki
2. Pembengkakan dan kemerahan atau perubahan warna
3. Lembut
4. Kesulitan bergerak
5. Karena rasa sakit dan pembengkakan yang parah, orang yang mengalami serangan asam urat mungkin merasa sulit untuk berjalan atau berdiri.

Cara Mengobati

Seseorang dapat mencoba yang berikut ini untuk mengobati asam urat di jempol kaki:

Menurut Arthritis Foundation, jika seseorang mengalami asam urat di jempol kaki, mereka harus menghubungi dokter untuk membuat janji.

Sementara itu, untuk pengobatan di rumah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Minum obat: 

Penderita asam urat dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti naproxen (Aleve), ibuprofen, dan celecoxib (Celebrex). Namun, aspirin dosis rendah dapat memperburuk flare.

2. Meninggikan posisi kaki dan oleskan es: 
Ini dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Tinggikan kaki sehingga lebih tinggi dari dada. Gunakan kompres es dan oleskan ke jari kaki selama 20-30 menit, beberapa kali sehari.

3. Hindari minum alkohol dan minuman manis:

Seseorang harus menargetkan 8-16 gelas cairan per hari, setengahnya harus berupa air putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru