Kesehatan Umum

Nyeri dada ciri-ciri penyakit jantung? Ini penjelasannya

Rabu, 26 Februari 2020 | 18:31 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Nyeri dada ciri-ciri penyakit jantung? Ini penjelasannya

ILUSTRASI. Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apapun. Selain keturunan sakit jantung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering merasakan nyeri di bagian dada? Sebaiknya segera cek kesehatan bila khawatir gejala penyakit jantung.

Nyeri dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Dan, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan.

Seseorang bisa meninggal bila terlambat mendapatkan pertolongan saat mengalami serangan jantung.  

Baca Juga: Ingin menghindari makanan manis? Ikuti lima cara ini, semoga sukses

Namun, Anda tidak perlu khawatir saat mengalami nyeri dada. Ternyata, tidak semuanya nyeri dada merupakan penyakit jantung.

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, menjelaskan, nyeri dada tidak selalu identik dengan penyakit dan serangan jantung.

Nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti ada masalah dengan tulang dan otot dada, infeksi, gangguan saluran pencernaan dan saluran empedu, panik, serta penggunaan obat terlarang.

Baca Juga: Tidak hanya Ashraf Sinclair, ini artis yang meninggal akibat serangan jantung

Tapi, bila Anda takut nyeri dada tersebut mengancam nyawa, sebaiknya segera lakukan cek kesehatan.

Dokter Santi menyarankan, untuk melakukan pemeriksaan fisik dan elektrokardiogram untuk merekam aktivitas jantung. Selain itu, Anda juga wajib melakukan cek darah serta foto rontgen.

Informasi saja, foto rontgen tersebut bermanfaat untuk melihat struktur tulang, kondisi paru-paru, bentuk jantung, dan pembuluh darah mayor.

Setelah Anda mengetahui sebab nyeri dada, sebaiknya segera lakukan terapi yang disarankan oleh dokter.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru