kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai Normal Asam Urat Wanita & Minuman untuk Obat Asam Urat Alami


Senin, 05 Desember 2022 / 14:50 WIB
Nilai Normal Asam Urat Wanita & Minuman untuk Obat Asam Urat Alami
ILUSTRASI. Nilai Normal Asam Urat Wania & Minuman untuk Obat Asam Urat Alami


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali nilai normal asam urat normal wanita dan laki-laki. Pahami juga minuman yang bermanfaat untuk obat asam urat.

Nilai normal asam urat normal wanita berbeda pria. Selain itu, nilai normal asam urat orang dewasa juga berbeda dengan anak-anak.

Nilai asam urat normal wanita dan laki-laki harus terus dijaga. Jika nilai asam urat melebihi batas normal, akan menimbulkan masalah kesehatan, yakni penyakit asam urat.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Nilai normal asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan nilai normal asam urat wanita antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, nilai normal asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: Catat Daftar Makanan yang Baik Buat Penderita Asam Urat dan Makanan Pantangannya

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Minuman obat asam urat

Kompas.com memberitakan, sejumlah minuman bisa menjadi obat asam urat alami. Berikut daftar minuman yang bermangaat untuk obat asam urat alami:

1. Kopi

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang pertama adalah kopi. Kopi adalah minuman yang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung, tetapi minuman ini bermanfaat untuk orang yang terkena penyakit asam urat.

Pasalnya, kopi yang mengandung kafein dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena alasan itulah penderita asam urat dianjurkan untuk meneguk kopi, tapi minuman ini sebaiknya dikonsumsi dengan susu rendah lemak dan tanpa gula. Penderita asam urat dapat menikmati kopi setidaknya 1-2 cangkir dalam sehari.

2. Air putih

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang kedua adalah air putih. Air putih penting untuk menghidrasi tubuh.

Menghidrasi tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit, konsentrasi, termasuk kesehatan persendian dan otot. Di sisi lain, minum air sebanyak delapan gelas dalam sehari juga penting untuk penderita asam urat.

Alasannya adalah mereka memerlukan lebih banyak air untuk mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh kondisi tersebut. Selain itu, air juga membantu melumasi sendi, mencegah keberlanjutan gejala asam urat, mengeluarkan asam urat, dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

3. Air lemon

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang ketiga adalah air lemon. Air lemon termasuk minuman tinggi vitamin C lain yang ternyata dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Pasalnya, kandungan vitamin C di dalam minuman tersebut membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Manfaat air lemon untuk mengobati asam urat sempat dibuktikan peneliti dalam studi Scientia Horticulturae tahun 2017. Hasil tersebut didapati peneliti setelah mereka menjaring orang dewasa dengan kadar asam urat tinggi untuk minum jus kemon segar seetiap hari selama enam minggu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, lemon dapat diperas sebanyak dua buah dan masukkan hasil perasan ke dalam dua liter air. Di sisi lain, orang yang terkena asam urat juga bisa mengonsumsi jeruk namun buah ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya.

4. Teh hijau

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang keempat adalah teh hijau. Teh hijau bisa dikonsumsi untuk mengobati asam urat karena kandungan antioksidannya. Dalam hal ini, antioksidan di dalam teh hijau dapat membantu melawan peradangan yang terkait asam urat.

Orang yang terkena penyakit ini dapat mengonsumsi teh hijau sebanyak satu gelas untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Susu rendah lemak

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang kelima adalah susu rendah lemak. Minum segelas susu yang rendah lemak atau skim dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, menambahkan susu rendah lemak termasuk yogurt rendah lemak membantu menurunkan risiko terkena serangan asam urat.

6. Minuman herbal

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang keenam adalah minuman herbal. Asam urat juga dapat diobati dengan mengonsumsi kaldu dan teh herbal, seperti chamomile, lavender, teh hijau, hibiscus.

Mengonsumsi minuman-minuman tersebut adalah cara untuk meningkatkan asupan cairan ke dalam makanan. Dengan begitu, konsumsi cairan pada makanan yang meningkat bermanfaat untuk melawan gejala asam urat.

7. Jus ceri

Minuman untuk obat asam urat secara alami yang ketujuh adalah jus ceri. Buah ceri yang masih segar ternyata mengandung antioksidan yang disebut juga anthocyanin. Kandungan ini mempunyai sifat antioksidan dan berguna untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Dilansir dari Medical News Today, manfaat ceri untuk menurunkan asam urat sempat dikaji peneliti dalam penelitian Journal of Arthritis tahun 2012. Penelitian mendapati temuan bahwa ceri yang sudah dijus bisa mengurangi asam urat jika dikonsumsi selama empat bulan atau lebih.

Itulah nilai normal asam urat wanita dan laki serta minuman obat asam urat alami. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×