kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45848,29   8,67   1.03%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Naik Tangga Setiap Hari Bikin Panjang Umur dan Terhindar Dari Penyakit Jantung


Jumat, 24 Mei 2024 / 19:20 WIB
Naik Tangga Setiap Hari Bikin Panjang Umur dan Terhindar Dari Penyakit Jantung
ILUSTRASI. Naik turun tangga


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

NAIK TANGGA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG DAN MEMBUAT PANJANG UMUR  - Naik tangga secara rutin terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan membuat panjang umur. 

Naik tangga mungkin melelahkan, tapi memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 6 Manfaat Wedang Jahe Lemon yang Telah Dibuktikan Dalam Penelitian

Aktivitas naik tangga yang dilakukan secara rutin membakar kalori tubuh sehingga meningkatkan kebugaran dan memperkuar otot. 

Selain itu, naik tangga juga bisa mencegah penyakit jantung serta membuat panjang umur. 

Melansir dari Health, hasil penelitian observasi yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology pada akhir April melaporkan bahwa naik tangga bisa mengurangi kemungkinan kematian yang disebabkan oleh apa pun. 

Selain itu, naik tangga juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Tamanna Singh, MD, direktur Pusat Kardiologi Olahraga di Klinik Cleveland mengatakan bahwa penelitian tersebut bersifat observasional dan oleh karena itu tidak menentukan sebab akibat. 

Penelitian 

Para peneliti meninjau sembilan penelitian yang meneliti hubungan antara menaiki tangga dan penyakit kardiovaskular serta kematian dini.

Makalah tersebut melibatkan 480.479 peserta yang memiliki kondisi kesehatan baik atau memiliki riwayat serangan jantung atau penyakit arteri perifer sebelumnya. 

Usia para partisipan berkisar antara 35 hingga 84 tahun, dan sekitar 53% adalah perempuan.
 
Para peneliti menemukan bahwa orang yang menaiki tangga sebagai salah satu bentuk olahraga memiliki risiko 24% lebih rendah terhadap semua penyebab kematian dibandingkan dengan mereka yang tidak menaiki tangga.

Orang yang menaiki tangga juga memiliki peluang 39% lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular, kategori yang mencakup penyakit arteri koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Orang-orang yang naik tangga juga mengalami penurunan risiko serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. 

Berapa jumlah anak tangga yang harus dinaiki agar panjang umur dan terhindar dari penyakit jantung? 

Sampai sekarang tidak ada penelitian yang cukup untuk merekomendasikan jumlah anak tangga yang harus dinaiki setiap harinya agar tubuh sehat dan panjang umur. 

Sophie Paddock, MD, penulis utama penelitian dari University of East Anglia dan Norfolk and Norwich University Hospital Foundation Trust di Inggris mengatakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa 50 hingga 60 langkah dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. 

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2023 melaporkan bahwa orang yang naik tangga sekitar 50 langkah setiap hari mengalami penurunan risiko aterosklerosis sebesar 20%. 

Baca Juga: Apa Saja Makanan yang Pantang Dimakan Penderita Penyakit Ginjal?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×