Musim hujan datang, ini 3 cara membedakan gejala flu dan Covid-19

Rabu, 15 September 2021 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
Musim hujan datang, ini 3 cara membedakan gejala flu dan Covid-19

ILUSTRASI. Musim hujan datang, ini 3 cara membedakan gejala antara flu dan Covid-19

KONTAN.CO.ID - Musim hujan di Indonesia mulai terlihat, yang membuat Anda rentan terkena flu. Di tengah pandemi, berikut ini cara membedakan gejala antara flu dan Covid-19.

Tentu, terkena flu saat ini sangat mengkhawatirkan, mengingat pandemi belum berakhir dan sangat sulit membedakan gejala flu dengan  Covid-19. 

Flu dan Covid-19 memiliki gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit kepala, bersin, mata berair atau gatal, bahkan kesulitan bernapas. Namun, ada cara untuk membedakannya. 

Nah, berikut cara membedakan flu dan Covid-19: 

Baca Juga: 4 Manfaat air kelapa buat kesehatan, bikin kulit lebih sehat

1. Cek suhu tubuh dan diare 

Demam adalah gejala utama yang bisa menjadi pembeda antara flu dan Covid-19. 

Sebuah laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang memeriksa kasus di China pada Februari 2020 mengungkapkan, sekitar 88% pasien Covid-19 mengalami demam dan 68% menderita batuk kering. 

Pasien Covid-19 juga bisa mengalami gejala tambahan, seperti sesak napas, sakit tenggorokan, diare, kelelahan, kedinginan, nyeri otot, kehilangan rasa dan penciuman, serta nyeri tubuh. 

Lebih dari satu setengah tahun kemudian, sedikit yang berubah dalam hal gejala utama COVID-19. Dan, kehilangan rasa atau penciuman biasanya merupakan tanda bahwa COVID-19 menyerang. 

Namun, pada penderita flu biasa, sangat jarang ditemukan gejala demam dan diare secara bersamaan. Jadi, Anda bisa membedakan antara flu biasa atau Covid-19 dari demam atau peningkatan suhu tubuh dan diare.

Baca Juga: B1.4662, varian asli Indonesia yang sedang WHO pantau

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru