Murah, ini 7 cara memutihkan gigi kuning secara alami

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:33 WIB Sumber: Kompas.com
Murah, ini 7 cara memutihkan gigi kuning secara alami

ILUSTRASI. Murah, ini 7 cara memutihkan gigi kuning secara alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara memutihkan gigi kuning secara alami. Cara memutihkan gigi kuning ini mudah dilakukan dan berbiaya murah.

Cara memutihkan gigi kuning penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan gigi yang putih, senyuman pun terlihat lebih bagus.

Gigi kuning bisa muncul ketika lapisan padat berwarna putih dan keras yang melindungi mahkota gigi aus. Biasanya, gigi lambat laun akan berubah warna dari putih ke kuning seiring bertambahnya usia.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa memutihkan gigi kuning. Sebelum menyimak ulasan beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami, kenali dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab gigi kuning

Dilansir dari Healthline, ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab gigi kuning, antara lain:

  • Makanan atau minuman tertentu, seperti kopi, teh, anggur, blueberry
  • Kebiasaan mengonsumsi gula dan asupan manis
  • Merokok atau menguyah tembakau
  • Efek samping beberapa obat
  • Faktor genetika
  • Imbas penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride berlebihan
  • Kebersihan gigi yang buruk
  • Mulut kering

Baca juga: 9 Bahan alami yang cocok dijadikan cara memutihkan kulit

Cara memutihkan gigi kuning secara alami

Melansir Medical News Today, terdapat beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa dijajal, antara lain:

  • Gunakan baking soda

Cara pertama memutihkan gigi kuning adalah menggunakan baking soda. Gunakan campuran baking soda dan hidrogen peroksida dengan perbandingan satu banding dua untuk menggosok gigi agar lebih putih dan bersih.

  • Konsumsi vitamin C

Cara kedua memutihkan gigi kuning adalah konsumsi vitamin C. Studi pada 2007 menemukan fakta bawah kekurangan vitamin C rentan membuat bakteri menumpuk di gigi dan menyebabkan gigi kuning. Untuk itu, konsumsi asupan tinggi vitamin C seperti jambu, tomat, jeruk, dll.

  • Manfaatkan nanas dan pepaya

Cara ketiga memutihkan gigi kuning adalah dengan menggunakan nanas dan pepaya. Penelitian pada 2012 mengungkap, enzim bromelain dari nanas dan enzim papain dari pepaya bisa membantu membersihkan gigi kuning secara alami.

  • Gunakan cuka sari apel

Cara keempat memutihkan gigi kuning adalah memanfaatkan cuka sari apel. Ketika digunakan dengan cara tepat dan tidak berlebihan, cuka sari apel dapat membantu memutihkan gigi kuning secara alami. Namun hati-hati, cuka sari apel dapat merusak lapisan gigi jika digunakan terlalu sering.

  • Kumur dengan minyak kelapa

Cara kelima memutihkan gigi kuning adalah menggunakan minyak kelapa. Berkumur dengan minyak kelapa bisa menjadi cara menghilangkan plak penyebab gigi kuning.

  • Sering sikat gigi

Cara keenam memutihkan gigi kuning sering sikat gigi. Pastikan pemilik gigi kuning untuk rajin sikat gigi minimal dua kali sehari. Setelah itu, gunakan obat kumur untuk mengurangi penumpukan plak penyebab gigi kuning.

  • Gosok gigi dengan pasta gigi arang aktif

Cara ketujuh memutihkan gigi kuning adalah gosok gigi dengan arang aktif. Cara memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa dijajal lainnya yakni menggunakan pasta gigi berbahan arang aktif.

Ingat, beberapa cara membersihkan gigi kuning di atas bisa efektif apabila dibarengi praktik kebersihan gigi yang baik. Hati-hati untuk pemilik gigi kuning yang sensitif dan berlubang, beberapa bahan alami di atas tidak cocok untuk menghilangkan noda gigi yang bermasalah.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi kuning. Jika Anda masih ragu-ragu, konsultasikan ke dokter gigi yang biasanya menangangi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Selanjutnya: 5 Cara ampuh memutihkan gigi dengan alami pakai bahan ini, simak daftarnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru