kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulut kering, bisa jadi tanda penuaan


Sabtu, 09 Juli 2016 / 16:42 WIB
Mulut kering, bisa jadi tanda penuaan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Mulut kering memang bisa menjadi gejala penyakit, tetapi yang membuat orang tidak suka dengan kondisi ini adalah rasa tidak nyaman. Belum lagi jika sampai menimbulkan bau mulut.

Air liur (saliva) di mulut kita memiliki fungsi khusus. "Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi gampang tumbuh subur di lingkungan kering," kata Matt Messina, juru bicara American Dental Association.

Saliva juga bersifat alkalin sehingga membantu asam dalam makanan yang kita asup tidak menyebabkan korosi pada gigi. 

Selain mulut yang terasa kering, gangguan mulut kering juga menimbulkan keluhan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan sensasi terbakar di mulut. Karena itulah, mulut kering bisa memicu gangguan lainnya jika tidak segera diatasi.

Berikut adalah beberapa penyebab mulut kering dan bagaimana mengatasinya.

- Obat-obatan resep

Menurut Messina, ada lebih dari 600 obat yang memiliki efek samping mulut kering. Misalnya saja obat untuk gangguan pencernaan, obat penurun tekanan darah, dan obat untuk gangguan psikiatri.

- Penuaan

Saat kita semakin tua, kelenjar saliva juga mengalami penurunan fungsi, sehingga jumlah saliva yang diproduksi berkurang. 

- Dehidrasi

Kekurangan air di tubuh sudah tentu berpengaruh juga pada produksi saliva. 

- Gangguan pernapasan

Masalah pada sinus atau gangguan pada hidung sehingga kita tidak bisa bernapas melalui hidung, akan membuat kita terpaksa bernapas lewat mulut. Akibatnya, mulut pun jadi kering.

- Terapi kanker

Radiasi dan kemoterapi juga menyebabkan mulut kering. 

Ada beberapa solusi untuk mengatasi mulut kering, selain minum cukup air putih. Salah satunya adalah mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi saliva. 

Bila Anda merasa mulut kering akibat sedang mengonsumsi obat-obatan, mintalah pada dokter untuk mengganti obat lain dengan efek samping minimal. 

Selain itu, tambahkan berkumur dengan obat kumur bebas alkohol setelah menyikat gigi juga dianjurkan. Tujuannya untuk mencegah kerusakan gigi akibat kondisi berkurangnya saliva.

(Lusia Kus Anna) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×