kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai bekerja dari kantor, berikut persiapan yang wajib Anda lakukan


Sabtu, 06 November 2021 / 06:00 WIB
Mulai bekerja dari kantor, berikut persiapan yang wajib Anda lakukan


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran kasus Covid-19 mulai menurun dan membuat beberapa perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari kantor atau work from office (WFO).

Jika Anda salah satunya sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum sebelum terjun kembali untuk WFO. Misalnya memastikan selalu ada penilaian kesehatan mandiri terkait gejala COVID-19 dan melakukan isolasi di rumah. 

Tak hanya itu jika diperlukan melakukan testing setiap karyawan yang bergejala. Selain itu, setiap individu harus memastikan disiplin protokol dan wajib pakai masker untuk semua orang yang masuki area perkantoran. 

Kantor juga perlu melakukan upaya jaga jarak fisik di semua area diterapkan tanpa tedeng aling-aling. Selain itu bisa juga memastikan ada upaya disinfeksi semua fasilitas secara ketat.

Baca Juga: Mulai sibuk di kantor? Ini cara agar tubuh fit meski jarang olahraga

Kita sendiri perlu selalu cek informasi terkini mengenai Covid-19 dan mencari tahu hal yang harus dilakukan jika menunjukkan gejala terinfeksi Covid-19. Tidak lupa juga selalu bawa masker cadangan serta alat-alat pribadi, seperti alat makan dan perlengkapan ibadah, milik sendiri untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Kita juga perlu memahami bahwa banyak orang yang terinfeksi COVID-19 dan tidak memiliki gejala, sehingga tanpa sadar dapat menginfeksi orang lain. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum memutuskan untuk WFO.

9 panduan yang harus dipertimbangkan untuk WFO dirinci Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diantaranya sebagai berikut: 

  1. Wajib melakukan penilaian kesehatan mandiri terkait gejala Covid-19 
  2. Isolasi di rumah dan jika diperlukan melakukan testing untuk setiap karyawan yang bergejala. Karyawan bergejala tidak kembali bekerja sampai diizinkan dinas/fasilitas kesehatan 
  3. Terapkan disiplin protokol dan wajib pakai masker untuk semua orang yang memasuki area perkantoran 
  4. Jaga jarak fisik di semua area. Kecuali selama kegiatan perawatan medis, namun dengan catatan ketika alat pelindung diri yang sesuai dipakai 
  5. Disinfeksi semua fasilitas secara ketat
  6. Selalu cek informasi terkini mengenai Covid-19 
  7. Cari tahu yang harus dilakukan jika menunjukkan gejala terinfeksi Covid-19. Misalnya siapa yang harus dihubungi dan kemana harus pergi 
  8. Pahami banyak orang yang terinfeksi Covid-19 dan tidak memiliki gejala sehingga tanpa sadar dapat menginfeksi orang lain
  9. Bawa masker cadangan serta alat-alat pribadi, seperti alat makan dan perlengkapan ibadah 

Baca Juga: Inilah lokasi harga tes PCR murah mulai Rp 100.000-an, syarat berlaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×