Kecantikan & Kebugaran

Mudah dilakukan, inilah 4 cara agar rambut tidak mengembang

Selasa, 05 Januari 2021 | 08:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, inilah 4 cara agar rambut tidak mengembang

ILUSTRASI. Memakai masker secara rutin jadi salah satu cara agar rambut tidak mengembang./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memilih sampo, menggunakan masker rambut, hingga memakai serum atau minyak yang dapat membuat rambut menjadi lebih mudah diatur.

Biasanya, rambut mengembang disebabkan karena kondisi rambut yang kering. Maka dari itu, cobalah untuk melembabkan rambut. Mengatur penggunaan alat penata rambut pun tidak boleh diabaikan jika Anda ingin memiliki rambut yang lebih rapi.

Salah satu kebiasaan yang tidak boleh Anda lakukan adalah mencuci rambut setiap hari karena bisa membuatnya kering dan keriting. Cobalah untuk mencuci rambut sebanyak dua hingga tiga kali saja dalam seminggu.

Rutin memotong rambut juga bisa jadi pilihan selanjutnya supaya rambut tidak mengembang. John Frieda (johnfrieda.com) merekomendasikan Anda untuk memotong rambut tiap enam hingga delapan minggu sekali supaya ujung rambut tak bercang. Selain itu, masih ada cara lainnya yang perlu Anda coba.

Baca Juga: Cara mengatasi rambut bercabang dengan 3 bahan alami terbaik

Pakai Air Dingin

Menggunakan air dingin ketika mencuci rambut adalah salah satu cara agar rambut tidak mengembang. Air dingin berguna untuk menjaga kutikula rambut sehingga kelembabannya bisa tetap terjaga. Rambut Anda pun akan terhindari dari kondisi kering dan mengembang.

Pilih Bahan Handuk

Selain menggunakan air dingin ketika mencuci rambut, memilih bahan tertentu sebagai handuk juga penting untuk dilakukan. Cobalah untuk memakai bahan katun atau mikrofiber supaya gesekan dengan rambut berkurang dan rambut tak mudah kusut.

Gunakan Serum

Seperti yang telah dikatakan, cara agar rambut tidak mengembang bisa Anda lakukan dengan menggunakan serum. John Frieda mengatakan bahwa hal itu disebabkan karena serum mengandung silikon.

Silikon berguna untuk memperbaiki serat rambut sehingga rambut terlihat lebih lembut dan mudah diatur. Jika Anda ingin memilih serum yang baik untuk rambut, coba pilih produk yang memiliki bahan dasar dimethiconol.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan ketombe secara alami

Pakai Masker Rambut

Cara selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan untuk mengatasi rambut mengembang adalah dengan memakai masker rambut. Masker berguna untuk mengunci kelembaban dan melindungi rambut dari alat penata rambut yang Anda gunakan.

Ada banyak pilihan masker rambut yang bisa Anda beli di pasaran. Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami sebagai masker rambut. Gunakan masker rambut secara rutin supaya kondisi rambut Anda menjadi lebih baik.

Selanjutnya: 5 Manfaat singkong untuk kesehatan kulit dan rambut

Editor: Belladina Biananda


Terbaru