kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,53   1,89   0.20%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah Dicari, Coba 6 Obat Herbal Kolesterol Ini, Yuk


Rabu, 19 Januari 2022 / 12:17 WIB
Mudah Dicari, Coba 6 Obat Herbal Kolesterol Ini, Yuk
ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat herbal kolesterol.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain mengonsumsi obat apotek, Anda juga bisa memanfaatkan obat herbal kolesterol, lo. Dengan mengonsumsinya secara teratur, jumlah kolesterol menjadi lebih terkontrol sehingga risiko kesehatan yang lebih parah bisa Anda hindari.

Biasanya, jumlah kolesterol yang tidak terkontrol berpengaruh pada kesehatan jantung. Kolesterol akan menyumbat dan mempersempit pembuluh darah. Hasilnya, aliran darah menjadi terhambat dan jantung perlu melakukan usaha yang lebih ekstra.

Jika hal itu terus terjadi, tekanan darah tinggi bisa Anda alami. Bukan tidak mungkin stroke dan serangan jantung juga terjadi. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi beberapa jenis makanan ini:

Alpukat

Sama seperti cokelat, alpukat dapat menambah produksi HDL sehingga cocok dijadikan obat herbal kolesterol. Jenis lemak yang terkandung dalam alpukat juga dapat membantu tubuh mengurangi penyerapan kolesterol.

Baca Juga: Tidak Sekedar Bebas Kolesterol, Ini Alasan Putih Telur Baik untuk Kesehatan

Cokelat

Mengutip dari After 50 Living, cokelat mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik. Dari sebuah penelitian, partisipan yang rutin mengonsumsi cokelat selama 12 minggu mengalami kenaikan jumlah HDL sebanyak 24%.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat bisa jadi salah satu cara efektif mengontrol jumlah kolesterol. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi cokelat. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi cokelat tanpa pemanis tambahan, ya.

Teh hitam

Melansir After 50 Living, teh hitam atau black tea dapat mengurangi jumlah lemak dalam darah hingga 10%. Anda juga bisa mendapat manfaat yang sama dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin. Tak hanya menurunkan jumlah kolesterol, jenis teh itu juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai obat herbal kolesterol.

Obat herbal kolesterol berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bawang putih. Tidak hanya itu, mengonsumsi bawang putih secara rutin juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, melindungi tubuh dari infeksi, dan mencegah penggumpalan darah yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi! Begini Aturan Makan Mangga untuk Penderita Diabetes

Wortel

Apakah Anda suka makan wortel? Jenis sayur itu ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Alasannya karena wortel mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Selain menurunkan kolesterol, kandungan itu juga bisa menguatkan sistem imun tubuh.

Oatmeal

Oatmeal mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat. Salah satunya adalah beta-glucan. Beta-glucan membantu tubuh menyerap kolesterol LDL lalu membuangnya sehingga tidak mengendap dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi oatmeal saat sarapan dan mencampurnya dengan bahan bergizi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×