Reproduksi dan Seks

Moms, inilah 8 makanan bergizi untuk ibu hamil

Sabtu, 21 November 2020 | 09:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Moms, inilah 8 makanan bergizi untuk ibu hamil


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Makan makanan bergizi saat ibu hamil itu penting. Sebab, hal itu sangat berpengaruh terhadap ibu maupun buah hati di dalam kandungan. 

Saat ibu hamil, asupan makanan setidaknya harus mengandung protein, vitamin dan mineral, jenis lemak yang sehat, karbohidrat kompleks, serat, dan cairan. 

Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Selain itu, diperlukan juga asupan asam folat yang tinggi untuk menghindari janin terlahir cacat. 

Sejumlah nutrisi tersebut terkandung dalam beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil. 

Baca Juga: Wow! Minum kopi bisa meningkatkan daya taha tubuh loh

8 Makanan untuk ibu hamil 

Makanan untuk ibu hamil

Dirangkum dari laman Healthline, berikut 8 makanan untuk ibu hamil agar Anda bisa mencapai jumlah nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan:

1. Produk olahan susu

Selama kehamilan, Anda perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan si kecil yang sedang tumbuh. Produk olahan susu seperti susu, keju, dan yogurt mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi semisal kasein dan whey.

Selain itu, produk olahan susu adalah sumber kalsium makanan terbaik, dan menyediakan fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah tinggi.

Yogurt, terutama yogurt Yunani, mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya dan sangat bermanfaat. Beberapa varietas juga mengandung bakteri probiotik, yang mendukung kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Begini 7 cara merawat kesehatan telinga dan pendengaran

2. Kacang-kacangan

Kelompok makanan ini termasuk kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah. Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang bagus dan dibutuhkan tubuh Anda lebih banyak selama kehamilan.

Folat adalah salah satu vitamin B (B9) yang paling penting. Ini sangat penting bagi ibu hamil dan bayinya, terutama selama trimester pertama, dan bahkan sebelumnya.

Anda membutuhkan setidaknya 600 mikrogram (mcg) folat setiap hari, yang bisa jadi sulit untuk dicapai hanya dengan makanan. 

Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki serat yang sangat tinggi. Beberapa varietas juga tinggi zat besi, magnesium, dan kalium. 

Baca Juga: Berikut manfaat daun cermai sebagai obat herbal yang wajib Anda ketahui

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru