Minyak Ikan Bikin Jantung Sehat?

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:19 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Minyak Ikan Bikin Jantung Sehat?

ILUSTRASI. Minyak ikan bisa menurunkan trigliserida penyebab penyakit jantung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minyak ikan mengandung omega 3 yang disebut bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan jantung. 

Minyak iklan, suplemen yang kerap dihubungkan dengan kesehatan jantung.

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Tidak heran, minyak ikan mengandung omega 3 yang memberikan manfaat baik untuk fungsi jantung, pembuluh darah, paru-paru, hormonal, dan sistem kekebalan tubuh. 

Mengutip dari Verywell Health, hasil penelitian menunjukkan bahwa makan ikan dan makanan laut lainnya bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Makanan laut yang dikonsumsi satu sampai empat kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. 

Perlu Anda ketahui, beberapa penelitian yang lebih tua telah menyarankan minyak ikan bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Namun, penelitian yang lebih baru hanya menemukan sedikit atau tidak ada bukti bahwa suplemen minyak ikan bisa mencegah penyakit jantung. 

Manfaat minyak ikan untuk jantung 

Meskipun suplemen minyak ikan belum terbukti secara langsung membantu melindungi dari penyakit jantung, minyak ikan dianggap bermanfaat dalam menurunkan faktir risiko penyakit jantung yakni:

1. Menurunkan trigliserida 

Minyak ikan telah terbukti menurunkan kadar trigliserida darah. Sekedar info, trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan dalam darah yang bisa menumpuk di dinding arteri. 

Kadar trigliserida yang tinggi dihubungkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. 

Suplemen minyak ikan EPA dosis tinggi (4 gram) telah ditemukan secara signifikan mengurangi kejadian kardiovaskular pada orang dengan kadar trigliserida darah tinggi yang berisiko terkena penyakit jantung. 

2. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama penyakit jantung. Minyak ikan telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah normal dan tekanan darah tinggi. 

Mengonsumsi 3 gram EPA dan DHA omega 3 per hari melalui suplemen makanan laut atau minyak ikan dianjurkan sebagai dosis optimal untuk mengontrol tekanan darah, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. 

3. Menurunkan peradangan 

Peradangan berperan dalam penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. 

Peradangan bisa meningkatkan pertumbuhan plak di pembuluh darah dan mengendurkan plak yang bisa menyebabkan pembekuan darah. 

Sekedar info, suplemen minyak ikan telah ditemukan untuk meningkatkan molekul antiperadangan dalam tubuh sampai 24 jam, meskipun tidak jelas apakah hal tersebut berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Bikin Jantung Sehat, Ini Manfaat Kubis Merah bila Dikonsumsi Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru