kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenapa Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya


Sabtu, 23 April 2022 / 05:45 WIB
Kenapa Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya
ILUSTRASI.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Badan terasa sakit saat bangun tidur adalah salah satu masalah yang cukup sering dialami banyak orang. Lantas tahukah Anda penyebab badan sakit saat bangun tidur?

Alih-alih tidur untuk beristirahat dan bangun merasa segar, justru sebaliknya badan sakit dan pegal-pegal. Hal tersebut tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas yang akan dilakukan. 

Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk mengetahui penyebab kenapa badan terasa sakit dan pegal. 

Baca Juga: Daftar Harga Macbook Air M1 Terbaru di iBox per April 2022, Cek!

Melansir dari The Turmeric, berikut penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur yang perlu Anda ketahui: 

Kualitas Tidur yang Kurang Baik

Menjaga kualitas tidur yang baik penting untuk dilakukan. Pasalnya, kualitas tidur yang kurang baik bisa menjadi penyebab badan Anda sakit saat bangun di pagi hari. Oleh karena itu penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur Anda. 

Stres 

Selain kualitas tidur yang kurang baik, stres juga dapat menjadi penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur. Itu karena stres menyebabkan lonjakan kortisol yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap peradangan dan menyebabkan nyeri tubuh. 

Cedera atau Peradangan

Cedera atau peradangan juga bisa menjadi penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur loh. Hal tersebut sangat masuk akal, pasalnya nyeri otot akibat peradangan jika dibiarkan akan mengganggu tidur Anda. Sehingga membuat badan terasa sakit saat bangun tidur. 

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Anda Waspadai

Kurang Olahraga

Dengan gaya hidup yang semakin sibuk mungkin sulit untuk memprioritaskan olahraga teratur dalam rutinitas harian Anda. Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kurang olahraga mungkin menjadi alasan mengapa tubuh Anda terasa sakit saat bangun tidur.

Itu karena gerakan membantu melumasi persendian Anda dengan cairan sinovial dan meredakan peradangan dengan meningkatkan aliran darah ke otot dan jaringan Anda, sehingga kurang olahraga dapat menyebabkan persendian yang sakit dan kaku sehingga badan terasa sakit saat bangun tidur.

Terlalu Banyak Olahraga

Sebaliknya, terlalu banyak olahraga juga dapat menjadi penyebab badan terasa sakit dan pegal saat bangun tidur. Hal tersebut disebabkan oleh pemulihan badan yang kurang baik hingga olahraga yang dilakukan terlalu berat. 

Baca Juga: Efek Perubahan Iklim Jadi Google Doodle Hari Ini 22 April 2022 Tepat Hari Bumi

Kesalahan Diet

Diet yang salah juga bisa menjadi penyebab badan sakit saat bangun tidur loh. Jika Anda sudah mengalami masalah kesehatan akibat diet, segerala mengevaluasi cara diet Anda sebelum menimbulkan hal buruk lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×