Meski sudah divaksin Covid-19, hindari 5 kegiatan ini untuk cegah penularan corona

Kamis, 20 Mei 2021 | 14:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Meski sudah divaksin Covid-19, hindari 5 kegiatan ini untuk cegah penularan corona

ILUSTRASI. Berkumpul dengan banyak orang masih jadi salah satu kegiatan dengan risiko penularan Covid-19 tinggi meski Anda sudah mendapat vaksin Covid-19. China Daily via REUTERS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19. Namun, bukan berarti Anda menjadi bebas melakukan berbagai macam hal seperti sebelum pandemi Virus Corona berlangsung.

Anda tetap perlu memerhatikan banyak hal supaya terhindar dari infeksi Virus Corona. Pertama, Anda tetap harus menerapkan prtokol kesehatan. Vaksin hanya membantu tubuh untuk melawan serangan Covid-19, bukan benar-benar membuat tubuh kebal akan penyakit tersebut.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, Anda juga perlu menghindari beberapa kegiatan yang memiliki risiko penularan Covid-19 tinggi. Misalnya, berkumpul dengan banyak orang, mengunjungi salon, dan lain sebagainya.

Berkumpul dengan Banyak Orang

Meski sudah ada banyak orang yang divaksin, tapi tidak sedikit orang yang belum mendapat vaksin Covid-19. Hal itu menunjukkan bahwa berkumpul dengan banyak orang tetap berisiko.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), sebanyak 26% partisipan dalam penelitian mengatakan tidak ingin berkumpul dengan banyak orang. Meski pertemuan dilakukan di ruangan terbuka atau memiliki ventilasi udara yang cukup baik.

Baca Juga: Banyak negara menunda suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua, mengapa?

Mengunjungi Salon

Merawat atau memotong rambut di salon memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Sayangnya, kegiatan itu memiliki risiko penularan Covid-19 yang cukup tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The New York Times, sebanyak 47% partisipan tidak ingin melakukan kegiatan itu.

Bersalaman dengan Orang Lain

Bersalaman dengan orang lain memang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Namun, hal itu termasuk salah satu kegiatan yang berisiko dilakukan di tengah pandemi Virus Corona. Jika memungkinkan, berikan salam ke orang lain tanpa menjabat tangan, apalagi sampai berpelukan.

Baca Juga: Disiplin menerapkan protokol ketika bertemu keluarga

Makan di Restoran

Melansir Best Life, 70% orang tidak ingin makan di restoran secara langsung untuk menghindari risiko tertular Virus Corona. Apalagi jika restoran berada dalam ruangan dengan ventilasi udara yang buruk. Kondisi semakin parah saat pengelola restoran tak menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Olahraga di Gym

Olahraga memang jadi salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi Covid-19 bisa Anda hindari. Namun, kegiatan itu justru bisa meningkatkan risiko penularan jika dilakukan dalam gym. Cobalah untuk tetap berolahraga di rumah sehingga tak perlu pergi ke gym untuk menghindari Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Satgas Covid-19: Masyarakat yang nekat mudik harus karantina mandiri 5 hari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru