kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski Berbau, Ini Manfaat Petai untuk Kesehatan, Cegah Stroke, Jantung, Stres dll


Senin, 03 Januari 2022 / 14:20 WIB
Meski Berbau, Ini Manfaat Petai untuk Kesehatan, Cegah Stroke, Jantung, Stres dll
ILUSTRASI. Meski Berbau, Ini Manfaat Petai untuk Kesehatan, Cegah Stroke, Jantung, Stres dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak manfaat kesehatan jika Anda suka makan petai. Berikut 13 manfaat petai bagi kesehatan badan yang perlu Anda ketahui.

Petai atau pete begitu mahsyur di telinga masyarakat Indonesia, bahkan jenis polong-polongan ini menjadi salah satu kudapan favorit bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda, petai memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Selain di Indonesia, petai mempunyai nama ilmiah Parkia speciosa juga terkenal di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos. Petai mempunyai karakteristik berbentuk panjang dengan kacang berwarna hijau di dalamnya, dan akan berganti warna menjadi hitam saat petai telah matang.

Petai atau pete identik dengan bau khasnya. Bau tersebut dikarenakan kandungan asam amino di dalamnya. Adapun efek petai bisa memberikan bau urin yang kuat dengan efek hingga dua hari setelah dikonsumsi.

Meskipun berbau, ternyata terdapat beragam manfaat kesehatan yang terkandung di dalam biji petai. Sejumlah nutrisi bermanfaat bagi kesehatan yang terdapat pada petai seperti zat besi, vitamin C, protein, vitamin B2, karbohidrat, kalsium, fosfor, polifenol (mikronutrien antioksidan), phytosterol yang dapat menurunkan LDL, dan flavonoid (antioksidan).

Lantas, apa saja manfaat petai untuk kesehatan?

1. Depresi

Manfaat petai untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah depresi. Melansir Health Benefit Times, sebuah penelitian pada seseorang yang berjuang dari gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai.

Hal ini karena, kandungan petai antara lain seperti triptofan, yakni sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, dapat membuat rileks, meningkatkan mood, dan meningkatkan rasa nyaman. Vitamin B6 yang terkandung pada petai mengatur kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan pada orang yang mengalami sindrom menstruasi.

Baca Juga: Bisa mengatasi asam urat, ini manfaat pare untuk kesehatan

2. Anemia dan tekanan darah

Manfaat petai untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah anemia dan tekanan darah. Petai sarat dengan zat besi, yang dapat mudah mendorong pembentukan hemoglobin di dalam darah yang membantu kasus anemia. Selain itu, pete mengandung banyak potasium, tapi lebih rendah garam.

Manfaat petai untuk kesehatan ini pun menjadikannya pangan ideal untuk mengatasi tekanan darah.

3. Kekuatan otak

Manfaat petai untuk kesehatan yang ketiga adalah memperkuat kemampuan otak. Penelitian tentang manfaat petai juga mengungkapkan, buah yang mengandung kalium dapat membantu seseorang meningkatkan rasa kewaspadaan dan meningkatkan daya ingat.

4. Sembelit dan mulas

Manfaat petai untuk kesehatan yang keempat adalah mengatasi sembelit dan mulas. Kandungan petai kaya akan serat, sehingga dapat membantu memulihkan aktivitas usus secara normal dan mengatasi masalah sembelit tanpa menggunakan obat pencahar. Petai juga mempunyai efek antasida alami dalam tubuh, sehingga jika merasa mulas, pete dapat membantu meredakan nyeri.

5. Stres

Manfaat petai untuk kesehatan yang kelima adalah mengatasi stres. Kalium merupakan mineral penting yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh manusia.

Saat cemas, laju metabolisme meningkat, yang membuat kadar kalium menurun. Petai mengandung kalium yang lumayan tinggi, sehingga efek petai ini dapat mengimbangi rasa stres.

6. Memerangi radikal bebas

Manfaat petai untuk kesehatan yang keenam adalah memerangi radikal bebas. Petai atau pete menjadi salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi, dipercaya dapat menangkal efek radikal bebas pada sel tubuh manusia.

Radikal bebas dalam tubuh dapat berdampak pada kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, diabetes, dan lainnya.

7. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat petai untuk kesehatan yang ketujuh adalah menjaga kesehatan jantung. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Pentingnya peran jantung pada kehidupan, membuat seseorang harus menjaga kesehatannya.

Manfaat petai untuk kesehatan pun dianggap baik untuk jantung, karena kandungan serat, antioksidan, dan kaliumnya. Kalium merupakan salah satu elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar selalu stabil, sedangkan serat dan antioksidan pada petai membantu mencegah pembentukan plak.

Pada pembuluh darah menuju jantung, pecahhnya pembuluh darah menjadi salah satu faktor seseorang mengalami stroke yang berakibat pada kelumpuhan bahkan kematian.

8. PMS (sindrom pra-menstruasi)

Manfaat petai untuk kesehatan yang kedelapan adalah mengurangi dampak PMS. Petai mengandung vitamin B6 di dalamnya. Vitamin ini dapat mengatur kadar gula darah yang berpengaruh pada suasana hati.

9. Sakit maag

Manfaat petai untuk kesehatan yang kesembilan adalah mengatasi sakit maag. Petai mempunyai efek antasid alami dalam tubuh, sehingga saat mengalami masalah dengan sakit maag, dapat mencoba mengonsumsi petai untuk meredakannya.

10. Gangguan usus

Manfaat petai untuk kesehatan yang ke-10 adalah mengatasi gangguan usus.  Petai digunakan sebagai makanan diet untuk gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Ini menjadi satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa masalah dalam kasus jangka panjang.

Selain itu, manfaat petai mentah dapat berfungsi menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut.

11. Manfaat petai cegah Stroke

Manfaat petai untuk kesehatan yang ke-11 adalah mencegah stroke. Menurut penelitian New England Journal of Medicine yang mengungkapkan manfaat petai untuk kesehatan, menemukan bahwa mengonsumsi petai setiap hari mampu mencegah kematian akibat stroke hingga 40 persen.

12. Mata sehat dan meningkatkan konsentrasi

Manfaat petai untuk kesehatan yang ke-12 adalah menyehatkan mata. Petai mengandung vitamin A yang cukup tinggi sebesar 200 IU per 100 mg. Vitamin A sangat terapeutik untuk menjaga kesehatan kornea mata. Kalium dalam pisang juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak sehingga sangat baik untuk membantu kesulitan belajar.

13. Memperbaiki pencernaan

Manfaat petai untuk kesehatan yang ke-13 adalah menjaga sistem pencernaan. Petai juga kaya akan serah yang dapat membantu pencernaan makanan, sehingga cocok bagi orang yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit.

Petai juga memiliki efek antasida alami dalam tubuh, sehingga jika merasa mual dan kenyang karena terlalu banyak mengonsumsi, petai dapat membantu menghilangkan sensasi nyeri ini.

Waspadai batas konsumsi petai

Yang perlu digarisbawahi, walaupun petai mempunyai banyak manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, namun tak berarti dapat dikonsumsi secara berlebihan dalam jumlah banyak. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan.

Mengonsumsi petai dalam jumlah berlebih tak dianjurkan karena berisiko merusak ginjal manusia. Dan bagi penderita asam urat sangat dianjurkan membatasi konsumsi petai karena mengandung purin yang tinggi. Kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah manusia.

Itulah sejumlah manfaat petai bagi kesehatan tubuh. Ingat, tetap batasi jumlahnya saat konsumsi petai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja?",


Penulis : Mela Arnani
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×