Merasa jantung berdebar saat asam lambung naik? Jangan panik, ini penjelasannya

Selasa, 16 Maret 2021 | 12:41 WIB Sumber: Kompas.com
Merasa jantung berdebar saat asam lambung naik? Jangan panik, ini penjelasannya

ILUSTRASI. Ilustrasi. Seorang perempuan merasakan jantung berdebar saat asam lambung naik.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa orang merasa jantung berdebar saat asam lambung naik. Apakah Anda salah satunya? Jangan panik, sebab hal itu normal, ini penjelasannya. 

Lambung dan jantung adalah dua organ yang posisinya berdekatan. Itulah mengapa orang kerap kebingungan membedakan gejala sakit lambung dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Asam lambung kerap kumat saat malam hari? Ini 2 posisi tidur saat asam lambung naik

Beberapa orang bahkan kerap merasakan deg-degan ketika asam lambungnya naik. Tapi, benarkah asam lambung naik bisa menyebabkan jantung berdebar? 

Penyakit asam lambung adalah kondisi yang disebabkan asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sekaligus Konsultan Kardiologi Intervensi dan Konsultan Elektrifisiologi dr. Ignatius Yansen NG., SP.JP (K), FIHA memberi penjelasan. 

Dia mengatakan, penyakit asam lambung menyebabkan lambung seseorang berisi gas dalam jumlah yang berlebih. Ketika kondisi itu terjadi, lambung akan mengembang dan posisinya yang bersebelahan dengan jantung membuat lambung terkadang dapat memberi desakan ke jantung. 

"Sehingga kadang kala suka ada sensasi berdebar atau rasa tidak nyaman di dada. Makanya pasien dengan keluhan lambung sama keluhannya dengan pasien jantung." Demikian diungkapkan dr. Yansen dalam Live Instagram bersama Eka Hospital Bekasi, Jumat (7/8/2020). 

Oleh karena itu, dr. Yansen mengingatkan agar orang-orang yang mengalami keluhan di lambung untuk tetap waspada. Sebab, bukan tak mungkin keluhan tersebut mengarah pada penyakit jantung. 

Terutama jika keluhan dialami orang tua yang memiliki beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti darah tinggi dan kencing manis dan kolesterol. 

Dr. Yansen menambahkan, banyak pasien penyakit jantung datang ke dokter dengan keluhan lambung. Untuk itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan elektrokardiogram (EKG) untuk mengetahuinya secara lebih akurat. 

"Jadi kalau punya keluhan lambung atau orang tua yang punya risiko darah tinggi kemudian kencing manis, dan lainnya harus khawatir." "Jangan-jangan tidak sesederhana penyakit lambung tapi ternyata keluhan serangan jantung," kata dia.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: Catat! Ini 4 pertolongan pertama saat asam lambung naik

Selanjutnya: Asam lambung sering naik? ini bahan alami yang bisa meredakan asam lambung

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Jantung Berdebar, Benarkah?"

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru