Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kenali 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Selasa, 05 Juli 2022 | 14:04 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kenali 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

ILUSTRASI. Penyebab kolesterol tinggi.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Menjelang Hari Raya Idul Adha, di Indonesia identik dengan membakar sate daging sapi atau domba dari kurban. Hal tersebut cukup berbahaya karena dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. 

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi sangat berperan penting untuk mencegah kolesterol tinggi. 

Selain itu, penyebab kolesterol tinggi juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Contohnya, seperti kurang berolahraga. 

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Kenali 6 Manfaat Konsumsi Pepaya

Kolesterol tinggi umumnya sering dijulukin penyakit orang tua atau orang yang memiliki berat badan lebih. Namun, ternyata kolesterol tinggi juga dapat menimpa anak mudah bahkan orang yang bertubuh kurus sekalipun. 

Oleh karena itu penting untuk memperhatika kesehatan tubuh anda sendiri, salah satunya dengan menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 

Merangkum dari NHS, terdapat beberapa faktor penyebab dan risiko kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol tinggi tersebut di antaranya: 

Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan pola makan tidak sehat juga berpotensi menjadi penyebab kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan tidak sehat akan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. 

Contohnya, anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh, gula, alkohol dan makanan tidak sehat lainnya. Daripada mengkonsumsi makanan yang tidak sehat lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan protein.

Malas Bergerak

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa malas bergerak juga dapat menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Apalagi jika anda malas bergerak dan sambil mengkonsumsi makanan tidak sehat, lemak akan menumpuk tidak terbakar oleh aktivitas sehingga akan menimbulkan kolesterol tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah bergerak dan lakukan berbagai jenis olahraga agar tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 4 Penyebab Nyeri Dada Tengah yang Penting Untuk Diketahui, Hati-Hati!

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Kenapa? Karena biasanya tubuh yang memiliki berat badan berlebih menjadi salah satu tanda banyaknya kadar lemak. 

Oleh karena itu, hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi. Lebih buruknya lagi, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung akibat kenaikan kolesterol. 

Agar hal tersebut bisa dihindari, mulailah berolahraga agar lemak di dalam tubuh terbakar dan berat badan terjaga serta menjadi lebih ideal. 

Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung zat yang dapat menyebablan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Jika kadar kolesterol jahat kian menumpuk, hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit lain seperti serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: PSIS Semarang vs Arema FC, Catat Jadwal Semi Final Piala Presiden 2022 Lainnya

Pertambahan Usia

Salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi itu adalah bertambahnya usia. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan fungsi dan metabolisme tubuh kian menurun. 

Oleh karena itu tidak heran cukup banyak orang lanjut usia memiliki keluhan kadar kolesterol yang tinggi. Namun perlu diperhatikan, tidak semua orang yang lanjut usia pasti atau akan mengalami kolesterol tinggi. 

Memiliki Penyakit Tertentu

Kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh riwayat penyakit yang anda miliki. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan atau berpotensi membuat kadar kolesterol dalam tubuh anda tinggi. 

Beberapa penyakit yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol tinggi di antaranya seperti Diabetes, Gangguan Liver, Masalah Ginjal, Tekanan Darah Tinggi dan Gangguan Kelenjar Tiroid. 

Oleh karena itu jika anda harus lebih berhati-hati dan mulai menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru