kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengupas dampak negatif gunakan popok menggumpal untuk kesehatan si kecil


Kamis, 02 Desember 2021 / 21:13 WIB
Mengupas dampak negatif gunakan popok menggumpal untuk kesehatan si kecil
ILUSTRASI. Makuku Family Indonesia adalah toko bayi yang menawarkan popok, pakaian, produk, dan makanan terbaik. Mengupas dampak negatif gunakan popok menggumpal untuk kesehatan si kecil


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menurut penelitian dalam jurnal ilmu kebidanan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Poltekkes Kemenkes Semarang) pada November 2019, masalah yang sering ditemukan pada kulit bayi adalah ruam popok.

Ruam bisa terjadi karena iritan eksternal seperti kotoran, bahan dari popok, urin, mikroorganisme, dan gesekan yang disebabkan oleh popok yang berulang. 

Setidaknya lebih dari 50% bayi yang menggunakan popok mengalami ruam popok. Kondisi ini biasanya mulai terjadi pada usia beberapa minggu hingga 18 bulan, namun kebanyakan terjadi pada bayi usia 6-9 bulan. Hal tersebut karena kurangnya kesadaran orang tua di Indonesia terhadap pemilihan popok yang tepat bagi si kecil.

Agar para orang tua lebih memperhatikan kesehatan kulit bayinya khususnya ruam popok, Makuku mengadakan webinar kesehatan mengenai dampak negatif menggunakan popok menggumpal. Melalui webinar ini, Makuku menjelaskan bahwa popok yang ideal adalah popok yang tidak menggumpal dan menggunakan bahan 100% SAP (Super Absorbent Polymer) sehingga tidak menimbulkan ruam pada kulit sensitif bayi.

Baca Juga: Pemerintah buka sekolah PTM, dokter: Sekolah dan orang tua wajib jaga prokes

“Popok menggumpal adalah sumber permasalahan penyebab iritasi pada kulit bayi. Jika popok mudah menggumpal, maka akan terjadi osmosis balik sehingga menjadi lembab dan akhirnya akan menyebabkan ruam pada anak. Atas latar belakang itulah Makuku membuat webinar kesehatan seputar pemilihan popok anti gumpal sehingga meningkatkan kesadaran orang tua dalam memilih popok,“ kata Jason Lee, CEO Makuku Indonesia seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (2/12). 

Fokus pada masalah kesehatan kulit pada bayi di Indonesia itu pula yang menjadi salah satu alasan Makuku menghadirkan popok dengan struktur baru, yakni 100% SAP sehingga menghindari masalah kulit pada bayi. “Makuku Air Diapers hadir di Indonesia dengan struktur baru yakni 100% SAP sehingga tidak menggumpal sehingga lebih nyaman dan tidak bocor, hal ini tentu menjaga kulit bayi sensitif tetap terjaga,” tambah Jason.

Webinar Makuku ini juga dihadiri oleh Munira Agile, seorang mom influencer yang sangat memperhatikan kesehatan kulit bayinya. Bagi Munira, permasalahan kulit sensitif pada bayi dan memilih popok yang tepat merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh orang tua lainnya. 

“Webinar yang diadakan oleh Makuku terhadap dampak negatif popok menggumpal pada kesehatan si kecil sangat menarik karena memberikan edukasi kepada orang tua di Indonesia mengenai popok anti gumpal dan memiliki daya serap yang bagus ternyata berdampak besar bagi kesehatan kulit anak,” kata Munira.

Baca Juga: Di tengah pandemi, Makuku Family tawarkan konsultasi online untuk ibu hamil

Makuku juga menghadirkan dr. Rae Fernandez, Sp.A untuk membahas lebih dalam mengapa ruam popok pada anak mudah terjadi akibat penggunaan popok yang menggumpal. 




TERBARU

[X]
×