CLOSE [X]

Mengintai Anak-anak, Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Flu Singapura

Rabu, 18 Mei 2022 | 07:53 WIB Sumber: Kompas.com
Mengintai Anak-anak, Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Flu Singapura

ILUSTRASI. Flu singapura adalah salah satu penyakit menular yang rawan menyerang anak-anak di bawah lima tahun dan bayi. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa waktu belakangan, kita kerap mendengar tentang flu Singapura. Apa itu?

Flu singapura adalah salah satu penyakit menular yang rawan menyerang anak-anak di bawah lima tahun dan bayi. Dalam dunia medis, masalah kesehatan ini dikenal dengan istilah hand foot mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut (PTKM). 

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang apa itu flu singapura, ciri-ciri, penyebab, sampai cara mencegahnya. 

Apa itu flu singapura?

Flu singapura adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan ruam serta bintik-bintik kemerahan menyakitkan di tangan, kaki, mulut, dan area sekitar popok. 

Menurut Kementerian Kesehatan, tidak seperti namanya, penyakit yang dikenal dengan flu singapura ini aslinya bukan berasal dari Singapura. Penyakit tangan kaki mulut ini kali pertama terdeteksi di Toronto, Kanada, pada 1957 silam. 

Penyakit ini diberi nama flu singapura karena gejalanya hampir serupa dengan penyakit flu yang kala itu tengah mewabah dan banyak merenggut nyawa di Singapura. 

Seperti disinggung di atas, flu singapura biasanya menyerang bayi dan anak-anak di bawah usia lima tahun. Namun, terkadang anak-anak di atas lima tahun dan orang dewasa juga bisa terkena masalah kesehatan ini. 

Baca Juga: Selain Minum Air Hangat, Ini Cara Sederhana Mengatasi Flu dengan Cepat

Penyebab flu singapura 

Penyebab flu singapura adalah infeksi enterovirus; termasuk coxsackievirus A16, EV 71, dan echovirus. Di beberapa kasus, flu singapura yang disebabkan enterovirus coxsackievirus A16 bisa memicu komplikasi meningitis atau peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. 

Sedangkan flu singapura yang disebabkan enterovirus jenis EV 71 terkadang bisa menyebabkan komplikasi gangguan saraf, meningitis, dan ensefalitis (radang otak). Virus penyebab flu singapura bisa menular dengan kontak langsung seperti berpelukan atau terkena cairan dari luka lepuh penderita. 

Selain itu, penyakit juga bisa menular lewat berbagi alat makan, terkena cipratan bersin atau batuk, sampai kontak dengan kotoran BAB saat mengganti popok penderita. 

Penyakit ini paling menular dalam waktu seminggu setelah penderita terpapar virus penyebab flu singapura. 

Baca Juga: Efektif Tanpa Minum Obat, Begini 6 Cara Mudah Menyembuhkan Flu

Ciri-ciri flu singapura 

Setelah tertular flu singapura, penderita bakal menunjukkan ciri-ciri flu singapura dalam rentang waktu tiga sampai tujuh hari. 

Terdapat beberapa gejala flu singapura yang perlu diwaspadai, di antaranya: 

  • Demam
  • Nafsu makan berkurang
  • Sakit tenggorokan
  • Tidak enak badan
  • Muncul luka berupa ruam bintik-bintik merah dan lepuh di mulut, telapak tangan, telapak kaki, lutut, siku, bokong, atau sekitar alat kelamin 

Apabila penyakit cukup parah, ciri-ciri flu singapura juga bisa ditandai dengan dehidrasi karena penderita susah menelan cairan dan lumpuh mirip polio. 

Sedangkan ciri-ciri flu singapura pada orang dewasa biasanya cukup ringan atau tak bergejala. Meskipun tidak bergejala, penderita tetap bisa menularkan penyakitnya. 

Baca Juga: Mampu Mengontrol Gula Darah, Cermati 9 Manfaat Melon untuk Kesehatan

Cara mencegah flu Singapura 

Mengingat penyakit flu Singapura gampang menular, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan penyakit ini, yakni: 

  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum menyentuh wajah, sebelum makan, dan sehabis dari kamar mandi Jaga kebersihan diri dan lingkungan
  • Hindari kontak langsung dengan penderita flu singapura
  • Jangan berbagi peralatan makan dengan penderita flu singapura

Setelah menyimak apa itu flu singapura, ciri-ciri, sampai penyebabnya, tingkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini. 

Selain itu, jalankan beberapa langkah-langkah pencegahan di atas untuk melindungi bayi, anak, dan keluarga dari penyakit ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Apa itu Flu Singapura, Ciri-ciri, dan Penyebabnya"
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru