Mengenal spinal cord injury yang diderita Laura Anna sebelum meninggal dunia

Rabu, 15 Desember 2021 | 15:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal spinal cord injury yang diderita Laura Anna sebelum meninggal dunia

ILUSTRASI. ilustrasi sakit punggung sebagai salah satu gejala spinal cord injury yang dialami Laura Anna sebelum meninggal dunia.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selebgram Edelenyi Laura Anna meninggal dunia, Rabu (15/12/2021). Diketahui Laura Anna menderita lumpuh yang dalam istilah medis dikenal dengan spinal cord injury atau cedera sumsum tulang belakang.

Spinal cord injury adalah jenis trauma fisik yang sangat serius yang cenderung memiliki dampak jangka panjang maupun permanen dan signifikan pada sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari.

Laura Anna mengalami spinal cord injury setelah kecelakaan dengan mantan pacarnya, Gaga Muhammad pada Desember 2019 lalu.

Sebelum meninggal, Laura Anna tengah berjuang mencari keadilan terkait kasus kecelakaan tersebut.

Lantas, apa itu spinal cord injury yang diderita Laura Anna sebelum meninggal dunia?

Baca Juga: Ini 5 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu spinal cord injury?

Spinal cord injury adalah kerusakan yang terjadi pada bagian sumsum tulang belakang, yang bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf dan jaringan lain yang dilindungi oleh tulang belakang.

Tulang belakang memanjang dari otak bagian bawah dan berakhir dekat dengan pantat. Sumsum tulang belakang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh.  

Rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh merupakan salah satu fungsi pesan yang dikirim otak melalui sumsum tulang belakang. Sehingga, jika sumsum tulang belakang mengalami cedera maka hasilnya adalah hilangnya sensasi rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh.

Cedera sumsum tulang belakang yang dekat dengan bagian leher biasanya akan menyebabkan kelumpuhan di seluruh bagian tubuh.

Penyebab spinal cord injury adalah penusukan, tembakan, trauma saat kecelakaan, jatuh dari ketinggian, cedera kepala atau tulang belakang saat olahraga, menyelam, dan kesetrum.

Baca Juga: Selain stres, 5 penyebab migrain ini bisa Anda alami

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru