kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,74   -8,61   -0.92%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Spinal Cord Injury dan Apakah Bisa Sembuh?


Sabtu, 18 Desember 2021 / 09:10 WIB
Mengenal Spinal Cord Injury dan Apakah Bisa Sembuh?


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Spinal cord injury adalah kerusakan yang terjadi pada bagian sumsum tulang belakang, yang bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Sebagian orang pun mempertanyakan spinal cord injury apakah bisa sembuh? 

Spinal cord injury adalah jenis trauma fisik yang sangat serius yang cenderung memiliki dampak jangka panjang maupun permanen dan signifikan pada sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf dan jaringan lain yang dilindungi oleh tulang belakang.

Baca Juga: Spinal cord injury dialami Laura Anna, apa tanda dan gejalanya?

Tulang belakang memanjang dari otak bagian bawah dan berakhir dekat dengan pantat. Sumsum tulang belakang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh. 

Rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh merupakan salah satu fungsi pesan yang dikirim otak melalui sumsum tulang belakang.

Sehingga, jika sumsum tulang belakang mengalami cedera maka hasilnya adalah hilangnya sensasi rasa sakit dan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh. Cedera sumsum tulang belakang yang dekat dengan bagian leher biasanya akan menyebabkan kelumpuhan di seluruh bagian tubuh.

Penyebab spinal cord injury adalah penusukan, tembakan, trauma saat kecelakaan, jatuh dari ketinggian, cedera kepala atau tulang belakang saat olahraga, menyelam, dan kesetrum. 

Lantas, spinal cord injury apakah bisa sembuh? 

Baca Juga: Sering diremehkan, ini manfaat minum air hangat setelah makan




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×