kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengapa Muncul Batu di Kandung Empedu? Ini 5 Makanan Pemicu Batu Empedu


Rabu, 08 Mei 2024 / 09:19 WIB
Mengapa Muncul Batu di Kandung Empedu? Ini 5 Makanan Pemicu Batu Empedu
ILUSTRASI. Penyakit batu empedu adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di kantung empedu.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MAKANAN PENYEBAB BATU EMPEDU - Melansir laman Kemkes.go.id, penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. 

Kantung empedu berfungsi memproduksi dan menyimpan cairan empedu, yang berperan penting dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. 

Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang mengeras dan membentuk batu. Cholelithiasis (kolelitiasis) umumnya ringan dan tidak membutuhkan penanganan di rumah sakit. Namun, jika batu empedu sampai menyumbat saluran empedu,  upaya penanganan perlu segera dilakukan untuk mencegah komplikasi.

Penyebab batu empedu 

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin di dalam kantung empedu. Endapan tersebut terjadi akibat cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Batu empedu terbentuk ketika produk empedu yang mengkristal terakumulasi dan berkisar dari partikel kecil hingga batu besar. Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan peluang Anda terkena batu yang menyakitkan ini.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Manfaat Kacang Tanah yang Sudah Terbukti Dalam Penelitian

Sadarkah Anda bahwa pilihan pola makan sehari-hari bisa jadi menyebabkan batu empedu di kandung empedu tanpa Anda sadari? 

Batu empedu terbentuk ketika ada ketidakseimbangan bahan kimia tertentu seperti garam empedu dan kolesterol, sehingga meninggalkan batu-batu kecil di kantong empedu. 

Namun yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa ada makanan tertentu yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya endapan kecil seperti kerikil tersebut. 

Mengutip Insta Care, berikut 5 makanan yang bisa menyebabkan batu di kandung empedu dan cara mengendalikannya:

1. Junk food

Junk food, meskipun enak, dapat menimbulkan beberapa konsekuensi kesehatan yang serius. Salah satu akibatnya adalah terbentuknya batu di kandung empedu. 

Batu-batu ini, yang bisa berukuran kecil seperti butiran pasir atau sebesar bola golf, menghalangi jalur antara kandung empedu dan usus kecil, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang hebat. 

Baca Juga: 9 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi junk food dalam jumlah tinggi, yang biasanya tinggi lemak dan kolesterol, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu empedu. 

Meskipun sesekali menikmati camilan itu baik-baik saja, penting untuk memperhatikan pola makan kita dan membuat pilihan yang lebih sehat untuk mencegah potensi komplikasi kesehatan di masa depan.




TERBARU

[X]
×