Mengandung Vitamin C, B3, Serat Dll, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Senin, 07 Februari 2022 | 05:10 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Mengandung Vitamin C, B3, Serat Dll, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Buah naga termasuk salah satu buah-buahan yang banyak dijual saat ini. Apa saja kandungan buah naga? Lalu apa manfaat buah naga bagi kesehatan?

Buah naga banyak diperjual-belikan di pasar, toko buah, hingga di pinggir jalan. Selagi banyak dijual, jangan lewatkan kesempatan merasakan manfaat buah naga.

Dilansir dari Kompas.com, buah naga adalah buah tropis yang berasal dari jenis kaktus dari marga Selenicereus dan Hylocereus. Saat ini, buah naga banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Taiwan, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Terdapat beberapa varietas buah naga, salah satu yang sangat populer dan banyak ditemukan di Indonesia adalah buah naga merah atau Hylocereus polyrhizus. Buah naga merah memiliki daging buah berwarna merah keunguan dengan rasa yang manis dan segar.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Gizi Pangan pada tahun 2017, buah naga merah memiliki kandungan vitamin C, vitamin B3 (niasin), serat, dan betasianin yang lebih tinggi dibandingkan varietas buah naga putih.

Baca Juga: Tanpa Perlu Olahraga, Ini Cara-Cara untuk Menurunkan Berat Badan Berlebih

Berikut adalah kandungan gizi dalam 100 gram buah naga:

  1. Kalori: 60
  2. Protein: 1,2 gram
  3. Lemak: 0 gram
  4. Karbohidrat: 13 gram
  5. Serat: 3 gram
  6. Vitamin C: 3 persen dari kebutuhan harian
  7. Zat besi: 4 persen dari kebutuhan harian
  8. Magnesium: 10 persen dari kebutuhan harian

Diberitakan Kontan.co.id, buah naga adalah salah satu jenis buah yang mengandung sedikit kalori. Hanya terdapat 60 kalori dalam satu buah tersebut. Artinya, tubuh lebih mudah untuk mencerna buah naga sehingga nutrisi pun bisa terserap secara maksimal.

Jumlah kalori itu juga menunjukkan bahwa buah naga cocok dimasukkan dalam menu diet sehat. Anda akan merasa kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat berkurang. Selain cocok dijadikan menu diet, masih banyak lagi manfaat lain yang dimiliki buah naga.

Berikut manfaat buah naga bagi kesehatan

Mencegah Tanda Penuaan

Manfaat pertama buah naga bagi kesehatan adalah mencegah tanda penuaan. Selain menyebabkan berbagai jenis penyakit, radikal bebas dapat memunculkan tanda-tanda penuaan di kulit.

Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari buah naga dan madu. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil maksimal.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat kedua buah naga bagi kesehatan adalah melawan radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Supaya hal itu tak terjadi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, misalnya buah naga.

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker atau penyakit lain. Tidak berhenti sampai di situ, manfaat buah naga berasal dari kandungan seratnya. Serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga selanjutnya bagi kesehatan adalah mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk jantung. Tak hanya itu, kandungan dalam buah naga juga mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Meningkatkan Zat Besi

Manfaat lain buah naga bagi kesehatan adalah meningkatkan pasokan zat besi. Zat besi penting karena bertugas untuk mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ada banyak kondisi yang Anda rasakan bila kekurangan zat besi. Mulai dari sering merasa letih dan lemas, kulit pucat, dan lain-lain. Nah, rutin makan buah naga bisa menghindarkan Anda dari hal itu.

Mengatasi Diabetes

Manfaat buah naga lainnya berguna untuk penderita diabetes. Lifehack mengatakan bahwa serat dalam buah naga mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter supaya tak mengalami efek samping.

Obat Jerawat

Manfaat buah naga yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis buah itu cocok dijadikan obat jerawat. Anda hanya perlu mengolah buah naga menjadi pasta lalu aplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut dua kali sehari agar jerawat bisa cepat hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru