kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,81   3,17   0.34%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menderita hipotensi? Konsumsi makanan untuk darah rendah ini, yuk


Selasa, 15 Desember 2020 / 08:16 WIB
Menderita hipotensi? Konsumsi makanan untuk darah rendah ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hipotensi adalah kondisi di mana tekanan darah Anda berada di bawah batas normal, yaitu di bawah 90/60 mm Hg. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hipotensi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah.

Selain tekanan darah yang berada di bawah batar normal, hipotensi juga ditandai dengan gejala yang lain. Mulai dari mual, pusing, muntah, pandangan mengabur, pingsan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika mengalami gejala yang lebih parah. Misalnya, denyut nadi cepat, sesak napas, dan kulit mengeluarkan keringat berlebih. Healthline (healthline.com) mengatakan ada banyak penyebab hipotensi, seperti anemia, dehidrasi, hamil, dan stres.

Seperti yang telah dikatakan, hipotensi bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Cara tersebut cukup efektif untuk menaikkan tekanan darah, apalagi jika hipotensi yang Anda alami belum terlalu parah.

Baca Juga: 8 Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh Anda

Vitamin B 12

Sereal adalah salah satu makanan untuk darah rendah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami anemia sehingga memengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Salah satu penyebab anemia adalah tubuh kekurangan vitamin B 12. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin tersebut, anemia bisa dihindari.

Ketika anemia bisa Anda atasi dengan baik, tekanan darah Anda pun akan meningkat. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B 12 adalah telur, daging, dan sereal. Selain menaikkan teanan darah, makanan tersebut juga bisa memberi Anda energi sehingga rasa lelah berkurang.

Folat

Selain mengandung banyak vitamin B 12, makanan untuk darah rendah sebaiknya juga mengandung banyak folat. Alasannya karena tubuh yang kekurangan folat bisa menyebabkan anemia. Sumber makanan yang kaya folat adalah asparagus, liver, sayuran hijau, dan telur.

Garam dan Kafein

Healthline merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi garam dan kafein supaya tekanan darah naik. Beberapa jenis sumber makanan yang mengandung banyak garam adalah cottage cheese, sup kaleng, dan ikan panggang.

Baca Juga: 8 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh Anda

Sedangkan sumber kafein adalah kopi, teh, atau cokelat. Sumber makanan berkafein itu dapat meningkatkan tekanan darah secara sementara dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan detak jantung.

Hindari Dehidrasi

Selain mengonsumsi makanan untuk darah yang telah disebutkan, hipotensi juga bisa Anda atasi dengan menghindari dehidrasi. Apalagi jika Anda olahraga atau melakukan aktivitas fisik lain yang menguras tenaga. Dengan menghindari dehidrasi, jumlah darah dalam tubuh akan tetap stabil.

Selanjutnya: 3 Jus buah segar bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes dan darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×