kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencegah Kanker Payudara, Ini Manfaat Nanas untuk Kesehatan Perempuan


Jumat, 08 September 2023 / 11:10 WIB
Mencegah Kanker Payudara, Ini Manfaat Nanas untuk Kesehatan Perempuan


Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

MANFAAT NANAS - Nanas, buah tropis yang kaya akan vitamin dan mineral. Ini tiga manfaat nanas untuk kesehatan perempuan, bisa mencegah kanker payudara. 

Buah nanas adalah buah tropis yang telah dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Tak terkecuali, manfaat buah ini untuk kesehatan wanita.

Baca Juga: Cara Tepat Konsumsi Suruhan untuk Melumpuhkan Asam Urat Tinggi

Buah ini memiliki nama latin Ananas comosus, merupakan tanaman tahunan dari keluarga Bromeliaceae, seperti dikutip dari Britannica, Rabu (19/4/2023).

Tanaman berdaun sukulen kaku ini memiliki buah yang manis dan umumnya berwarna kuning cerah.

Buah nanas juga telah dibudidayakan di banyak negara, terutama di negara beriklim tropis.

Selain rasanya yang manis dan unik, buah nanas telah diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, karena mengandung banyak nutrisi.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan wanita

Manfaat buah nanas di antaranya adalah baik untuk pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C dan mineral lainnya.

Selain itu, ternyata buah nanas juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan wanita.

Dilansir dari Healthline, buah ini dikemas dengan vitamin esensial, mineral, senyawa antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya yang dapat melindungi dari peradangan dan penyakit.

Berikut beberapa manfaat nanas untuk kesehatan wanita yang belum banyak diketahui.

1. Manfaat nanas melindungi dari osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan melemahnya tulang, kerapuhan tulang akibat berkurangnya kepadatan massa tulang.

Setiap individu dapat mengembangkan penyakit yang dapat meningkatkan risiko patah tulang ini.

Namun, dibandingkan pria, risiko osteoporosis pada wanita bisa empat kali lebih sering terjadi.

Oleh karenanya, salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, terutama bagi wanita adalah vitamin C.

Buah nanas mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam satu cangkir potongan nanas dapat menyediakan 88 persen vitamin C dari kebutuhan harian tubuh, serta 5 persen magnesium yang juga memiliki manfaat penting dalam menjaga kekuatan tulang.

2. Nanas memberi manfaat nutrisi selama hamil

Terlepas dari klaim bahwa makan nanas bisa berbahaya selama kehamilan, namun saat ini belum ada penelitian yang membuktikan anggapan tersebut.

Faktanya, nanas bisa menjadi tambahan makanan yang bergizi untuk diet Anda saat hamil. Sebab, kandungan tembaga pada nanas, meski hanya sedikit, namun memiliki manfaat penting dalam pembentukan sel darah merah.

Selain itu, tembaga juga dibutuhkan untuk perkembangan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf pada bayi yang sedang tumbuh selama kehamilan.

3. Efek anti-kanker payudara pada buah nanas

Salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita adalah kanker payudara. Jenis kanker ini sangat umum, sekitar 25 persen dari semua diagnosis kanker pada wanita.

Buah nanas mengandung bromelain, yakni enzim yang diduga memiliki efek anti-kanker, terutama yang terkait dengan kanker payudara.

Kendati manfaat enzim anti-kanker pada buah nanas tersebut baru terbukti melalui penelitian dalam tabung reaksi dan hewan, namun efek bromelain menunjukkan manfaat yang menjanjikan dalam mengobati penyakit kanker payudara.

Oleh karenanya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia, untuk membuktikan manfaat buah nanas dan kandungan bromelain di dalamnya dalam mencegah atau mengobati kanker payudara.

Baca Juga: 7 Manfaat Anggur Hijau, Merontokkan Kolesterol hingga Menjaga Kesehatan Tulang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Wanita?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×