Membantu Menurunkan Berat Badan, Catat 5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 23 Januari 2023 | 13:25 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Membantu Menurunkan Berat Badan, Catat 5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat buah kelapa untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh yang penting dan menarik untuk Anda ketahui. Selain itu, manfaat buab kelapa untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Banyaknya manfaat buah kelapa tersebut tak lepas dari kayanya kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan buah nutrisi yang terkandung dalam buah kelapa di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B, mineral, protein, kalium, magnesium dan lain sebagainya.

Selain kaya akan nutrisi, buah kelapa juga mempunyai rasa manis yang lezat. Sehingga tak jarang buah kelapa kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bahkan setiap bagian dari buah kelapa mempunyai manfaatnya masing-masing, mulai dari daging buahnya, air kelapa, cangkangnya pun bisa dimanfaatkan.

Lantas apa saja manfaat buah kelapa untuk kesehatan?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Gizi

Buah kelapa termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak gizi atau nutrisi. Sehingga tak heran mengkonsumsi buah kelapa mampu memberikan banyak manfaat.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah kelapa mampu meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan tulang hingga melindungi sel-sel dari radikal bebas.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan, Yuk Cek!

2. Mengandung Antibakteri

Manfaat buah kelapa selanjutnya yaitu mengandung sifat antibakteri. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Pasalnya, dengan mengkonsumsi buah kelapa mampu mengahambat dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit.

3. Mengontrol Gula Darah

Buah kelapa juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes. Pasalnya, mengkonsumsi buah kelapa mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut dikarenakan buah kelapa rendah karbohidrat, tinggi serat dan lemak yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah kelapa juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan berpotensi meningkatkan resistensi insulin, yang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: Unik! Ini 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

4. Kaya Antioksidan

Buah kelapa juga mengandung senyawa fenolik yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut bermanfaat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. 

Dilansir dari Healthline, Tes laboratorium pada daging buah kelapa telah menunjukkan bahwa ia dapat menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penyakit kronis.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Sehingga buah kelapa sangat cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan buah kelapa mengandung serat dan protein serta rendah gula. Sehingga dapat membuat perut akan terasa lebih kenyang dan kebutuhan nutrisi tetap terjaga.

Selanjutnya: Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi, 8 Herbal Alami Ini Pas Buat Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru