Penyakit Menular

Memasuki libur panjang, cegah penularan Covid-19 dan jaga imunitas tubuh

Rabu, 28 Oktober 2020 | 07:25 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Memasuki libur panjang, cegah penularan Covid-19 dan jaga imunitas tubuh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang hari libur panjang, semua pihak diminta untuk mengantisipasi peningkatan penularan covid-19.

Praktisi Kesehatan Zaenal Abidin mengatakan, salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika ingin bepergian saat masa liburan adalah imunitas tubuh. Hal ini bisa tetap dijaga selama masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Ikuti protokol kesehatan,” kata Zaenal kepada Kontan, Selasa (27/10).

Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini mengatakan, protokol kesehatan ini harus dilakukan secara disiplin baik di perkantoran maupun saat masa liburan. Pengawasan penerapan protokol kesehatan juga harus dilakukan semua pihak.

Baca Juga: Libur panjang: Jaga protokol kesehatan, jangan memaksakan bepergian

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, keluarga memiliki peran sentral dalam pencegahan penularan covid-19.

Ia menilai potensi penularan di kantor atau di pasar bisa meluas di tingkat keluarga. Hasto mengatakan, ketika pencegahan di tingkat keluarga dikuatkan, maka suatu anggota keluarga bisa menjaga anggota keluarga yang rentan atau orang dengan komorbid.

“Karena memang mortalitasnya mayoritas dari orang – orang yang memiliki komorbid,” ujar Hasto.

Kepala Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Dwi Listyawardani mengatakan, pihaknya telah memberikan himbauan kepada keluarga – keluarga di Indonesia melalui petugas di lapangan. Baik yang berstatus PNS sekitar 14.000 orang, non PNS sekitar 10.000 orang dan kader – kader (relawan) yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 1,2 juta orang.

Baca Juga: Inilah 5 tips liburan yang aman dari corona

Petugas lapangan tersebut, memberikan nasehat, manfaat 3M, memberikan dorongan terus menggunakan masker. Sasaran petugas ini terutama keluarga karena petugas lapangan secara rutin melakukan kunjungan dari rumah ke rumah.

“Jadi kami secara multilevel mulai dari pusat, provinsi, kabupaten ke teman – teman petugas lapangan sampaia ke kader kita menghimbau teman – teman semuanya mengajak keluarga untuk menerapkan disiplin 3M ini untuk mencegah penularan covid-19,” kata Dwi.

 

Selanjutnya: Ingin berlibur saat cuti bersama? Baca dulu info seputar physical distancing ini

 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

 

 

Editor: Noverius Laoli


Terbaru