CLOSE [X]

Mau Vaksin Booster Covid-19? Begini Efek Sampingnya

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mau Vaksin Booster Covid-19? Begini Efek Sampingnya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak efek samping vaksin Covid-19 booster. Jika anda mau melakukan vaksin booster Covid-19 penting untuk mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu. 

Pasalnya, jika sudah mengetahui efek samping vaksin booster covid-19 anda bisa meminimalisir hal tersebut sehingga tidak mengganggu aktivitas. 

Vaksin booster Covid-19 merupakan dosis vaksinasi ketiga yang bertujuan untuk memperkuat dosis vaksinasi yang telah diberikan sebelumnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja Telkom Indonesia Januari 2022, Ini Formasinya

Vaksin booster ini tidak hanya untuk Covid-19, tetapi juga untuk beberapa penyakit lain, contohnya seperti flu dan tetanus. 

Melansir dari laman resmi Kemenkes Hello Sehat, Sebuah studi terbaru dari CDC (Centers for Disease Contol and Prevention) mengungkapkan apa saja efek samping yang timbul dari vaksin booster Covid-19. Namun secara garis besar, efek yang ditimbulkan tidak berbeda jauh dengan dosis vaksin sebelumnya khususnya vaksin kedua. 

Studi tersebut meneliti data dari 22.191 penerima vaksin booster. Dari seluruh penerima, sekitar 32% melaporkan adanya efek samping, dan 28% di antaranya tidak mampu menjalani aktivitas dengan normal di hari vaksinasi.
 
Berikut adalah sederet efek samping dari vaksin booster yang dirangkum oleh CDC melalui Hello Sehat.
 
- Nyeri di area suntikan dirasakan 71%
- Kelelahan sekitar 56%
- Sakit kepala sekitar 43,4%
- Sekitar 2% membutuhkan perawatan medis
- Sebanyak 13 orang dirawat di rumah sakit

Baca Juga: Lowongan Kerja DCKTRP Provinsi DKI Jakarta Januari 2022

Dari penelitian tersebut dapat terlihat bahwa efek samping dosis vaksin booster Covid-19 atau vaksin ketiga dapat dinilai aman dan tidak berbeda jauh dari vaksin sebelumnya. 

Oleh karena itu jika anda sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 disarankan segera untuk menjalani vaksin dosis ketiga tersebut agar dapat menekan penyebara virus dan sesuai dengan aturan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru