Mau tahu cara mengatasi wajah berminyak? Pakai 6 bahan ini

Kamis, 15 Juli 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mau tahu cara mengatasi wajah berminyak? Pakai 6 bahan ini

ILUSTRASI. Cara mengatasi wajah berminyak bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit berminya perlu mendapat perawatan yang baik. Tujuannya agar minyak tak menyumbat pori=pori sehingga masalah kulit bisa Anda hindari. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada banyak cara mengatasi wajah berminyak.

Ada banyak produk perawatan kulit berminyak yang dijual di pasaran. Namun, beberapa produk justru bisa membuat kulit iritasi. Alasannya karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami.

Selain mudah didapat, cara memakai bahan-bahan alami ini juga juga tidak sulit. Meski demikian, usahakan untuk memakainya dengan pengawasan dokter, ya. Melakukan uji coba dulu juga penting Anda praktikkan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Timun

School of Botanical and Medical Aesthetics (schoolofba.com) merekomendasikan timun untuk mengatasi kulit berminyak. Ada banyak nutrisi dalam bahan alami itu yang efektif mengontrol produksi minyak. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, potong timun menjadi irisan kecil. Gosokkan irisan timun itu pad akulit wajah lalu diamkan selama semalaman. Di pagi hari, bilas wajah dengan air hangat.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan bisa pakai 5 bahan ini

Pisang, Susu, dan Oatmeal

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pisang. Sama seperti timun, pisang dipenuhi dengan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit berminyak. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur pisang dengan susu dan oatmeal.

Pertama, tumbuk satu buah pisang matang hingga halus. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm susu dan 2 sdm oatmeal. Setelah teraduk rata, gosokkan pada wajah selama lima menit kemudian diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

Lemon

Lemon bisa dipakai sebagai cara mengatasi wajah berminyak.

Mengutip dari School of Botanical and Medical Aesthetics, lemon jadi salah satu bahan yang cocok digunakan pemilik tipe kulit berminyak. Caranya, campur 1 sdt air lemon dengan ½ sdt air suling. Aplikasikan campuran itu pada kulit menggunakan kapas. Setelah 10 menit, bilas dengan air.

Lidah Buaya

Cara mengatasi wajah berminyak yang tak boleh ketinggalan adalah dengan memakai lidah buaya. Selain mengontrol produksi minyak, antimikroba dalam lidah buaya juga efektif mengobati jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Yuk, Kenali 4 Jenis Masker Wajah Demi Mempercantik Diri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru