CLOSE [X]

Mau menurunkan berat badan? Coba 6 buah untuk diet ini

Kamis, 02 Desember 2021 | 11:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mau menurunkan berat badan? Coba 6 buah untuk diet ini

ILUSTRASI. Buah pir termasuk buah untuk diet yang bisa Anda konsumsi secara teratur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari adalah salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan sebagai cara menurunkan berat badan. Nah, ada banyak buah untuk diet yang bisa Anda jadikan pilihan supaya berat badan ideal segera Anda dapatkan.

Misalnya, apel, buah pir, kiwi, dan lain sebagainya. Jenis buah tersebut mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah-buahan mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebih pun bisa berkurang. Buah-buahan juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok Anda konsumsi secara rutin, baik sebagai camilan atau diolah untuk menu makan.

Buah Pir

Buah pir termasuk buah yang bagus untuk diet karena mengandung banyak serat dan vitamin C. Dengan mengonsumsi buah pir, Anda bisa memenuhi ¼ kebutuhan serat harian Anda. Artinya, Anda tidak akan merasa mudah lapar.

Baca Juga: Tidak hanya alpukat, ini makanan yang efektif meningkatkan kolesterol baik

Semangka

Semangka termasuk buah yang bagus untuk diet karena mengandung air sebanyak 92% dan kalium yang banyak. Kedua hal itu bertugas sebagai diuretik sehingga jumlah garam dan air yang sudah tidak dibutuhkan dalam tubuh bisa terbuang.

Fungsi tersebut masih dimaksimalkan dengan adanya asam amino citrulline yang dapat mengendurkan pembuluh darah. Jadi, cairan tidak akan merembes ke jaringan sekitar sehingga retensi air pun berkurang.

Apel

Mengutip dari Prima (prima.co.uk), apel mengandung prebiotic pectin yang baik untuk kesehatan bakteri dalam usus Anda. Kandungan itu pun mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh terjaga.

Selain itu, ada banyak vitamin C yang ada dalam apel dan berperan sebagai antioksidan. Dengan mencukupi kebutuhan antioksidan, sistem imun tubuh Anda akan meningkat, bahkan menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Melon

Melon termasuk dalam daftar buah untuk diet.

Melon termasuk dalam daftar buah dengan kandungan kalori yang sedikit. Jenis buah itu juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk tetap bugar. Contohnya, serat, kalium, antioksidan, vitamin C, dan lain-lain.

Baca Juga: Membantu mengontrol gula darah, ini manfaat terong untuk kesehatan

Kiwi

Salah satu buah untuk diet adalah buah kiwi.

Sama seperti jenis buah yang telah disebutkan, kiwi mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kondisi tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, buah kiwi juga memiliki vitamin C, vitamin E, folat, dan serat sehingga kebutuhan nutrisi selama diet tetap terpenuhi.

Buah Beri

Prima merekomendasikan buah beri sebagai buah selanjutnya yang perlu Anda makan selama diet. Stroberi, bluberi, dan jenis buah beri lainnya mengandung sedikit kalori. Nutrisi dan vitamin dalam buah beri pun berguna untuk meredakan inflamasi dan menurunkan jumlah kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru