kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Mau Berhenti Merokok? Ini 4 Makanan yang Bantu Proses Terapinya


Sabtu, 28 September 2024 / 11:15 WIB
Mau Berhenti Merokok? Ini 4 Makanan yang Bantu Proses Terapinya
ILUSTRASI. Seseorang menguyah dan membuat balon permen karet


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak beberapa makanan yang bantu dalam proses berhenti merokok. Kebiasaan merokok tentu menjadi salah satu aktivitas yang sebaiknya perlu dihindari untuk kesehatan organ tubuh.

Berhenti merokok adalah langkah besar menuju kesehatan yang lebih baik, namun tantangan yang dihadapi sering kali tidak mudah.

Salah satu cara yang efektif untuk mendukung proses ini adalah dengan memperhatikan pola makan dan minuman yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Beberapa jenis makanan, seperti buah-buahan, sayuran, serta produk susu, diketahui dapat memengaruhi cita rasa rokok, membuatnya kurang menyenangkan, sekaligus membantu tubuh pulih dari kehilangan nutrisi akibat merokok.

Baca Juga: Pengendalian Konsumsi Rokok Belum Optimal

Makanan yang membantu terapi berhenti merokok

Rokok

Di sisi lain, kebiasaan seperti mengonsumsi ginseng atau permen karet juga bisa memberikan alternatif untuk mengatasi dorongan merokok. Dengan pendekatan yang tepat, berhenti merokok menjadi lebih mungkin dicapai.

Simak beberapa makanan yang baik dalam membantu proses berhenti merokok, dilansir dari Truth Initiative.

Baca Juga: Diterpa Kenaikan Cukai Rokok, Nojorono Kudus Lakukan Inovasi Produk

1. Buah dan sayuran

Rokok menghambat penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium dan vitamin C dan D. Misalnya, merokok satu batang rokok saja dapat menguras 25 mg vitamin C dari tubuh.

Untuk menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam pola makan Anda dapat memulihkan nutrisi ini, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini mungkin juga membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Begitu Anda mulai berhenti merokok, makanan akan mulai terasa lebih enak dan rasa-rasa lebih terasa, sehingga Anda mungkin lebih menikmati makanan ini.

2. Teh Ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng bisa menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena dapat melemahkan efek dopamin, neurotransmitter di otak yang terkait dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok tembakau.

Kebiasaan minum teh ginseng dapat mengurangi daya tarik merokok dan membuatnya kurang menyenangkan.

Teh ginseng

3. Susu dan produk susu lainnya

Perokok melaporkan bahwa minum susu membuat rokok terasa lebih buruk; sebagian besar perokok mengatakan bahwa susu memberikan rokok rasa pahit setelah dikonsumsi.

Ketika menghadapi keinginan merokok, mengonsumsi susu dan produk susu lain yang membuat rokok terasa tidak enak mungkin bisa membantu mengurangi keinginan merokok.

4. Permen karet dan bebas gula

Dengan mengunyah permen karet dan permen dapat membuat mulut Anda tetap sibuk saat Anda memiliki dorongan untuk merokok. Selain itu, baik permen karet maupun permen biasanya bertahan lebih lama biasanya lebih lama daripada merokok satu batang rokok.

Mengetahui apa yang harus dihindari saat mencoba berhenti merokok juga akan membantu. Makanan dan minuman yang telah terbukti meningkatkan rasa rokok dan memicu keinginan merokok termasuk alkohol, kafein, daging, serta makanan manis atau pedas.

Itulah penjelasan terkait makanan yang membantu dalam terapi berhenti merokok dengan cepat.

Selanjutnya: Indonesia dan Negara Lain Walk Out Saat Netanyahu Berpidato di PBB

Menarik Dibaca: Agar Rumah Tidak Kebanjiran Sebaiknya Persiapkan Ini Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×