Mata bengkak bisa karena infeksi, coba obati dengan bahan alami

Jumat, 17 September 2021 | 17:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mata bengkak bisa karena infeksi, coba obati dengan bahan alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata bengkak merupakan salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat infeksi. Tentu saja Anda perlu segera mengobatinya untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Selain memakai obat apotek, cara mengatasi mata bengkak juga bisa pakai bahan alami.

Infeksi bisa disebabkan oleh jamur, virus, bakteri, atau hal lain. Tidak hanya mata bengkak, infeksi juga bisa ditandai dengan kondisi lain. Mulai dari mata merah, mata berair, sensitif terhadap cahaya, muncul rasa gatal, hingga pandangan mengabur.

Meski bahan-bahan alami ini cukup mudah dan murah untuk dipakai, bukan berarti Anda bisa mengabaikan saran dokter, ya. Tetap konsultasikan kondisi Anda dengan dokter, apalagi jika muncul kondisi lain yang lebih parah dan berbahaya untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kantung Teh

Jika Anda mencari bahan alami yang efektif mengatasi mata bengkak, maka kantung teh adalah jawabannya. Netmeds.com mengatakan bahwa kantung teh mengandung antiinflamasi. Apalagi kantung teh hijau.

Artinya, memakai bahan alami itu bisa meredakan pembengkakan di bagian mata akibat infeksi. Anda perlu mendinginkan kantung teh terlebih dahulu sebelum meletakkannya di atas kelopak mata. Selain mengobati mata bengkak, memakai kantung teh juga memberikan efek relaksasi.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kantung mata ini pakai bahan alami

Kompres Hangat

Cara mengatasi mata bengkak berikutnya adalah menggunakan kompres hangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompres hangat juga efektif mengobati mata kering atau dry eyes.

Caranya, letakkan handuk yang sudah dibasahi air hangat di atas mata selama dua hingga tiga menit. Anda perlu mengulangi langkah tersebut beberapa kali sampai infeksi mata sembuh.

Baca Juga: Catat 4 rekomendasi skincare ini, penghilang millia di area mata

Air Garam

Air garam dapat digunakan sebagai cara mengatasi mata bengkak.

Tahukah Anda bahwa air garam juga bisa dipakai sebagai cara mengatasi mata bengkak? Apalagi jika mata bengkak juga dibarengi dengan produksi kotoran mata yang meningkat karena infeksi. Antimikroba dalam bahan alami itu pun mampu mencegah infeksi yang lebih parah.

Pertama, campur 1 sdt garam dalam segelas air panas yang sudah didiamkan beberapa saat. Celupkan kapas dalam air garam tersebut lalu usapkan kapas pada mata. Sama seperti poin sebelumnya, Anda bisa mengulang cara tersebut beberapa kalis upaya infeksi sembuh dengan lebih cepat.

Essential Oil

Bahan selanjutnya yang cocok untuk mengobati mata bengkak adalah essential oil. Antimikroba dalam essential oil akan melawan mikroba penyebab infeksi sehingga mata bengkak pun sembuh. Ada banyak jenis essential oil yang bisa Anda pilih, seperti peppermint oil, tea tree oil, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Tanpa obat, ini cara mengatasi mata merah dan bengkak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru