kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masyarakat bergejala Covid-19 diminta segera ke faskes terdekat


Rabu, 02 Juni 2021 / 08:55 WIB
Masyarakat bergejala Covid-19 diminta segera ke faskes terdekat


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Lia G Partakusuma meminta masyarakat untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat jika dirasa memiliki gejala Covid-19.

"Kalau kira-kira bergejala atau misalnya dianggap ini masuk angin aja atau pilek biasa, itu kadang-kadang kan mendiagnosa diri sendiri. Sebaiknya datang lah ke fasilitas kesehatan. Jadi mereka bisa datang, apakah ke puskesmas, rumah sakit, untuk diperiksa lebih lanjut," jelas Lia dalam paparan digital yang Kontan kutip, Selasa (1/6).

Lia mengatakan, biasanya gejala yang dirasakan adalah demam, pilek, batuk, sesak napas dan tidak merasakan rasa. Masyarakat bisa segera mendatangi rumah sakit untuk menscreening lebih lanjut.

Baca Juga: Kenaikan kasus Covid-19 pasca Lebaran, Menkes: Masih di bawah angka puncak 170.000

"Apabila kami anggap ini pasien yang perlu dirawat maka kami akan data untuk masuk dirawat. Tetapi apabila gejala ringan, kami inginnya bisa mendapat bantuan rumah sakit - rumah sakit darurat seperti wisma atlet atau tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah sebagai tempat perawatan," ujar Lia.

Sementara itu, Pemerintah telah menjalankan program vaksinasi nasional sejak Januari 2021. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk memulihkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Namun selain itu, pemulihan kesehatan juga berdampak bagi pemulihan ekonomi dan kembalinya produktivitas masyarakat seperti semula.

“Protokol kesehatan (Prokes) adalah elemen yang sangat penting selama masih ada pandemi Covid-19. Prokes tetap jalan terus meskipun program vaksinasi sudah berjalan seperti saat ini,” ujar Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×