kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,54   6,90   0.74%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masker Selain N95 dan KN95 Tetap Efektif Mencegah Varian Omicron?


Jumat, 21 Januari 2022 / 12:41 WIB
Masker Selain N95 dan KN95 Tetap Efektif Mencegah Varian Omicron?
ILUSTRASI. Warga memakai masker pelindung menyeberang jalan di tengah penyebaran penyakit Covid-19 di Singapura, Jumat (14/5/2021). Masker selain N95 dan KN95 tetap efektif mencegah varian Omicron? REUTERS/Caroline Chia.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Masker selain N95 dan KN95 tetap efektif melindungi orang dari Covid-19, termasuk varian Omicron, asalkan cocok dan bahannya tepat, menurut para ahli penyakit menular.

Jenis kain dalam masker yang bisa digunakan kembali membuat perbedaan, Associate Professor Natasha Howard dari National University of Singapore (NUS) Saw Swee Hock School of Public Health mengatakan.

Masker juga harus memiliki setidaknya dua lapisan, kawat hidung atau pegangan, dan dipasang dengan baik, dia menegaskan, kepada Channel News Asia.

Pekan lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui pedoman penggunaan masker.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 2.000, Ini 25 Gejala Virus Corona Termasuk Omicron

Masker N95 menawarkan perlindungan terbaik, sementara "penutup kain tenun longgar" menawarkan perlindungan paling sedikit, panduan CDC terbaru menyebutkan, sambil menekankan pentingnya pemasangan masker yang baik.

Masker N95, biasanya dikenakan oleh para profesional medis, menyaring tetesan pernapasan dan partikel aerosol yang lebih kecil bila dipakai dengan benar. Masker KN95, versi China dari masker N95, melakukan hal yang sama.

“Sementara masker sekali pakai N95/KN95 lebih efektif daripada kain, mengingat situasi saat ini di Singapura dengan vaksinasi tinggi dan sistem kesehatan yang kuat, biaya tambahan mungkin tidak memberikan banyak nilai bagi sebagian besar warga Singapura,” kata Prof Howard.

Masker kain yang baik tetap “sangat efektif” selama dipakai dengan benar dan dikaitkan dengan jarak yang aman dan kebersihan tangan, Profesor Dale Fisher, konsultan senior di Divisi Penyakit Menular Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura, menambahkan.

Baca Juga: Banyak Negara yang Lelah Berharap Omicron Bawa Covid-19 Jadi Endemik, Kapan?




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×